Belajar Pemrograman Delphi


Delphi merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mengalami perkembangan sangat pesat di dunia khususnya di Indonesia. Banyak aplikasi dapat dikembangkan dengan Delphi seperti operasi perhitungan matematis, grafis, Pengolah kata, Spreet Sheet, games dan basis data. Dengan dukungan OOP Delphi mempunyai kemampuan yang sangat handal apalagi dengan adanya komunitas Delphi semakin memperjelas eksistensinya. Tulisan ini akan mencoba menjabarkan bagaimana memanfaatkan Delphi sebagai salah satu Program.
Tutorial singkat ini sebenarnya ditujukan bagi siswa SMK dan mahasiswa yang ingin mempelajari bahasa pemrograman Delphi. Pada pembahasan dan contoh-contoh dijelaskan dasar-dasar pemrograman Delphi dengan pendekatan yang rasional. Harapan kami semoga tutorial ini bermanfaat bagi siapa saja yang ingin mengembangkan kemampuan menggunakan bahasa pemrograman khusunya Delphi.

http://www.ziddu.com/download/16585874/Pemrograman Dengan Delphi.pdf.html

http://www.ziddu.com/downloadlink/9987825/Tutorial%20Delphi%20Untuk%20Pemula.pdf

http://www.ziddu.com/downloadlink/9987824/tutorial%20pemrogram%20delpi%20pemula.pdf

About muhal

Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY

Posted on March 6, 2007, in delphi, e-learning, Elektro FT UNY, Teknik Elektro, tips & trik, Tutorial Praktis and tagged , , . Bookmark the permalink. 191 Comments.

  1. very interested

  2. Thanks… please promote this blog to any one who’s needed…

  3. Iya, saya mau belajar pemrograman delphi untuk membuat penulisan kkp nich. Jadi tolong kirimin tutorial cara membuat pemrogramannya.

  4. please, send me tutorial Delphi program.

  5. Bagus.

  6. tolong dikirimkan tutorial belajar program delphi…. Please deh …. tolong…..

  7. Didownload bisa kok mas Jon Hendra… Saya baru saja download lancar… coba cari download dari yang punya kecepatan memadai semoga berhasil

  8. Ada gak tutorial membuat jaringan syaraf tiruan dengan delphi 7 . Mau dunx?

  9. Koq! artikel lengkapnya corrupt..??

  10. Ok …
    Terimakasih banget
    Sangat bermanfaat sekali

  11. saya mau bikin TA menggunakan Delphi
    thx

  12. saya minta tolong nich, ada gak tutorial jaringan syaraf tiruan dengan delphi??
    tolong ya, lagi butuh banget nich….
    thx bgt b4…

  13. Thank’s Bro untuk downlod tutorialnya, Buat adikku yang lagi belajar delphi. Sukses always. God Bless U

  14. saya ingin belajar cara pemakaian grafis memakai delphi, tolong kirimkan cara-caranya. thanks

  15. tolong dikirimkan tutorial belajar program delphi…

  16. totlong donk bagi-bagi tutorial program delphi. sama contoh kasus dari dasar, menggunakan delphi. pleace…
    Th’x

  17. selamat malam….

    saya dimas…
    saat ini saya sedang mengerjakan Kerja Praktek

    saya minta tolong

    minta tutorial atau cth programsederhana yang menggunakan database My-sql

    thx

  18. Udah ada kok diblog ini cari aja melalui search…

  19. mohon dikirim tutorial pemrograman delphi untuk tugas besar kuliah TEKNIK Optimasi.

  20. assalamu’alaikum
    sebelumnya saya mengucapkan minal a’idzin walfaidzin mohon maap lahir batin,mas saya baru ngun jungi situs ini melalui googel salam kenal,mas bisa tolongin saya ga.. bagaimana cara menampilkan text arab,dilayar,bukan yang berpormat bmp tapi text,terimakasih sebelumnya wassalam

  21. assalamu’alaikum
    mas..listing untuk memanggil html help seperti dimenu gimana caranya posting dong
    trus bagai mana kita memanggil data diform seperti kita menginstal delphi 7.0 kita tinggal pilih di form klik pilihan otomatis program keluar dan menginstal {dibuatin menu }diform utama.
    sebelumnya saya ucapin terimakasih
    wassalam

  22. Mas 2 yang sudah mahir dan paham di delphi tolong saya donk !!! Saya mau belajar bikin antivirus pake Delphi …. Kira2 ada yang bisa bantu ga ?? Trimakasih ya …….

  23. ass..
    mas..saya mnt tolong dunkz!!!
    dikirimkan pemprograman delphi???
    saya mw belajar dan bikin suatu program dr delphi…
    makasih ya…

  24. ass..
    mas..saya mnt tolong dunkz…
    dikirimkan tutorial pemprograman delphi??
    plizz..
    penting..
    thanks..

  25. Asslm..
    Saya mnt tolong dunkz…
    Tolong,,,,
    kirimkan tutorial pemrograman delphi??
    Please bgt…
    Penting, Law Bisa Secepatnya…
    Sebelum nya Thanks. . .
    ^_^

  26. Mas tolong kirimin aku tutorialnya delphi buat game..
    sebelumnya terimakasih ya

  27. mas, terima kasih atas ilmunya, moga barokah dan manfaat. amiin. mohon tulis ttg tutorial pemrograman my sql. jazakallah

  28. saya akan mencoba semua yang ada dalam tutrial ini,ini sangat berguna bagi sebagai pemula

  29. tolong,beri bimbingan kepada saya…

  30. Assalamu’alaikum, Wr, Wb.
    Mohon bimbingan kepada teman-teman atau mas yang memang mahir dalam pemrograman delphi. sebab saya benar-benar pemula dalam hal pemrograman, saya sangat ingin belajar, sehingga dosen saya tdk lagi mengatakan bahwa saya orang udik.
    terima kasih sebelumnya…

  31. pembawa kedamaian

    mas aku coba bikin alias koq gak berhasil terus piye yaa?

  32. thanks for the tutorial …!
    its very usefull for me and my friends.

  33. assalamu alaikum wr.wb. saya tlong dong dikirimi tutorial cara belajar pemograman delpi 7.0 dgn mudah dipahami dan dimengerti

  34. gmn sih cranya koneksi dari delphi ke M.acces…
    thank’s

  35. Mau belajar perhitungan dengan delphi ne
    tlong kasih tutorialnya dunk

  36. He..mau juga tutorial pembuatan jaringan syaraf tiruan menggunakan delphi7. Pleeeease

  37. mas kq artikelnya di kunci sich??? passwordnya apa mas??

  38. kak ajarin cara membuat program antivirus pakai delphi 7 dunk soalnya saya lagi nyusun penulisan ilmiah buat D3 saya neh tolong ya kak

  39. Mas, saya mahasiswi semester 4, sekarang saya lagi belajar database delphi mengenai sistem penggajian. saya boleh minta listing program delphi mengenai penggajian melalui microsoft acces, saya sudah coba buat tapi error. thanks ya mas sebelumnya……………

  40. Wah panduan tutorial delphi-nya cukup menarik. Bolehkan saya buatkan link-nya di situs saya, http://www.plakn.com? yg juga ngebahas pemrograman delphi.

  41. Format tutorialnya mirip modulnya anak SMK terbitan dinas P&K…tapi untuk urusan berbagi ilmu ..gak masalah..

  42. selamat siang pak..
    mohon bantuannya bagaimana cara koneksi PHP, delphi dan MySQL..?

  43. Itu modul emang yang buat aku, trus diatasnamakan P&K jadi ya tidak hanya formatnya yang sama hampir seluruh isinya sama persis… Cuma saya edit sedikit…

  44. maz minta totorial delphinya,untuk bahan aja agar bisa belajar delphi

  45. yayan sugiharmoko

    halo mas, salam kenal..
    kalo mau membuat progam seperti riwayat pasien di salah satu klinik misalnya database nya yang cakep pake apa yah???
    trus unggul mana antara borland delphi dengan visual basic kalo dipake buat program database..
    maklum orang awam yang lagi pengen belajar nihh..
    via email yahh..
    terimakasih.

  46. mau cari tau tentang script” delphi….mengenai(trading/penjualan mini market)tapi tampilan akhir (enduser) please ada yang bisa gaq or kacih tau kemana harus cari!!!!!

  47. Ass. teman-teman aku mau buat tugas program aplikasi sistem informasi dengan menggunakan delphi, bisa bantu kirimin contoh-contoh program sistem informasi. thank’s

  48. KP ku harus buat program, tampilan sudah jadi, but untuk databasenya belum, tolong deh solusinya, kalo ada kilat boleh juga deh

  49. Alooo Kak….??? n_@
    Kak mW nnYa Ne… Klu Buat game Dari Delphi Susah Gak Sich…???
    Truz Conth Kodingnya Gmn….Ksi Tw y Kak…Q pgen Bsa Buat GamE….Pleasee

  50. buat danu (6 juni 2008)
    kalo mo buat program di delphi, buat data basenya dulu, soal tampilan itu gampang

    ada cara paling jitu untuk buat progarm di belphi tanpa listing,…………..

    pertama buat dulu data basenya (pake apa ajadeh, bisa accses dan paradox7)

    uda itu masuk aja di form delphi, ambil table
    lalu setting dia menjadi true dan nama tabel di ubah, —-
    ambil data source kemudian setting juga
    menjadi (nama tabel) yang uda di ubah)

    ambil del tekx edit dst,,,,,,,,,,,,,,,,,

    key……………

  51. tolong kirimkan ke email saya program dengan delphi yang sudah jadi… tolong ya mas please … saya ingin jadi programer…. saya ingin belajar…

  52. Ebook Tutorial kayaknya lengkap, coba cari sendiri disini!

    http://media-fm.blogspot.com

  53. Pak Ajarani saya delphi dasarnya duong….soalnya saya lagi prakerin/psg instansinya maw pake delphi v saya blum bisa….ajarin ya pak……makasih..

  54. Aku seneng buanget dpt download delphi ini….amat sangat bermanfaat bot aq plajari, tanks.

  55. mas boleh saya minta tutorial delphi..
    saya pengen bljr dari cara mendesign interface nya, koneksi database..
    oh iya katanya delphi konsepnya oop, bener ga?

  56. terima kasih atas makalah nya…

  57. mas…. saya mo bikin Software Perhitungan Suara nih tapi pake Delphi….

    NAh.. MasalahNya saya baru pertama kali ini nyentuh Delphi, tlong Bantuan TutorialNya ya mas…

    Makasih

  58. mas bisa carikan program remote komputer menggunakan delphi,,,,

    tolong lah mas carikan

  59. Ass,
    Gini ms muhal,delphi bisa gak dipake untuk perhitungan Matematika?
    ms bwt gk modul yg bsa di download bgmn menggunakan delphi bagi pemula spt Q, biar nti Q down load

    Matur Swun

    dhani

  60. tolong mas cari kan software mydac7 beserta crack atau serial number

  61. mas,,saya butuh ebook tutorial delphi untuk ngebantu saya bikin TA ni..

    tolong dikirimkan ya mas..

    terima kasih

  62. Mas,, umurku udh 45 th nich, mudah2an saya tidak terlanbat unuk blajar delphi.

    Tolong kirimkan ke saya dong ebook tutorial delphi 7 dan kasih tip supaya bisa cepat blajar delphi 7

    Terima kasih.

  63. mas, aku kan mo ngerjain TA..

    tolong kirimin ebook tutorial membuat anti virus donk.. please..

    tararengkyu mas..

  64. mas minta tutorial bahasa pemograman delphi please…coding apa aja yang ada…

    Thanks..

  65. mnta sistem informasi ama syntax penjualan donx

  66. BD?…

    gampang…

  67. banyak2 terima kasih,.. nuwbie banget nih ‘n baru belajar

  68. Gag Maksud,,,

    Kirimin artikel Delphi Dunz,,

  69. kk minta tutorial tentang script2 delphi please….

    butuh banget buat bikin TA

  70. please sent tutorial delphi krn saya udah mau masuk semester 2 di universitas kanjuruhan malang..
    disana asisten lapnya pelit ilmu smua…
    jadi tolong dunk saya dibantu..biar tar saya bisa ngajari temen yang lain..
    matur suwun…

  71. mas minta tutorial delpi 7 dong kirim ke email saya ya

  72. BAgi yang ingin beberapa conth proram delphi 7 yang sederhana dan muda membuatnya kunjungi saja blog ku. Belajar Delphi 7

    • alex, jayapura

      Aku punya cucian mobil, pingin skali belajar buat program kecil kecil untuk cucian mobil saya, bantu dong,….

  73. ass,
    aq juga awam masalah program nih aq mau toturial cara bikin program penjualan grosir dan eceran dan tipsnya,….atas bantuan mas thank’s.

  74. 0000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000
    0000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000

  75. salam kenal….Ada gak tutorial membuat jaringan syaraf tiruan dengan delphi 7 .klo da tolong kirim k emilQ y.

  76. assalamualaikum….tlg kirimin tutorial delphi donk….ke emailq…please…lagi ada tugas praktek

  77. asw. mas,tlong ajari donk bahasa pemrograman pk delphi 7. q kn jur matematika ne,ntar ada penjurusan k komputasi yg pk delphi 7 gt.oy, q jg pemula neh mas… jd masih kesulitan gt.
    jd, klo mas bwt modulnya,mw donk mas q domnload…mksh bgt
    izmi

  78. tolong minta tutorial tentang MySQL Delphi yang client-server, cara cetak grafik di delphi?
    terima kasih y

  79. makasih pak buat tutorial delphiny, saya download lho……..mohon di kirim untuk tutorial yang lain untuk aplikasi pemrograman delphi ( listing programnya)
    mksh

  80. aq minta tolong donk!!!
    buat program delpi tentang penjualan & pembelian!!
    ada prototipe nya ga??
    buat tugas!!!

  81. tolong saya donk!! kenapa datetimepicker di delphi tidak dapat dimasukkan ke dbgrid? tolong beri tahu saya cara memasukkan datetimepicker ke dbgrid. terima kasih.

  82. tau cara membuat game tembak-tembakan delphi gak?? tlg krmin tutorialnya dunk buat tgs… thx

  83. kirim ke saya.. plez donk

  84. Mas saya minta tolong kirimin tutorial Delphi 7 untuk pemula,coz saya baru banget n pingin bisa pemograman.Trima kasih

  85. ad yg punya aplikasi pemesanan tiket pesawat menggunakan delphi mysql server gak? lengkap ma codingnya cz ku lgi btuh bgt nih. klo ad yg punya krim k email q ya.. fithafz@yahoo.co.id

  86. minta kirimin tutorial delphi donk.
    eh, btw delphi databasenya oracle bisa ga ya? klo bisa minta coding bwt koneksinya jg y..
    Thx bgt… ditunggu…

  87. MUHAMMAD ZAINAL ABIDIN

    MAS TOLONG BANTUIN SAYA DONG KARENA SAYA BARU BELAJAR DELPHI

  88. mas, tolong kirimi sourcode delphi tentang pengggajian karyawan dunk.

    aq butuh banget skrg.

    tolong y mas secepatnya.

    thanx b4…

  89. Oerip Adi - Hikaru Angel

    alow, nama saya Oerip,salam kenal
    Saya mahasiswa universitas di Solo
    kok isinya cuma gituan ya?
    kek anak sd ngarang, mana isinya?
    gag mutu, masi lebih hebat saya,
    ini yang punya blog rada IQ jongkok kali ya
    Delphi?pliss dech, uda kadaluwarsa
    mana ada yang pakek skarang?
    dulu saya juga pake Delphi, tp orang orang
    skarang carinya Java,saya si bisa dua duanya
    berminat?
    hubungi saya di 0271 9242259
    menyediakan rental cd/dvd,pembuatan TA,pengetikan, percetakan, dan kursus programming, dijamin mutu, gak kek blog ini,karena menurutku blog ini setara dengan tai?busuk bau, gag berguna,only idiot yang mau ama tai kan?hehehe
    lucu banget ni blog

    • sombong banget ni bocah .. haha
      inget mas “diatas langit masih ada langit” .. jd gak usah pake sombong sgala ..

      sedikit ngerti ngaku udd paham, kerja sedikit maunya keliatan, otak masih kayak TK ko ngakunya sarjana, ngomong-ngomongin orang kayak udd jagoan .. TONG KOSONG

    • Black Star Devil

      Parah lo…,Kalo emang Lo merasa Hebat,Mana Postingan lo,Ini Blog Berguna Banget Untuk pemula,Hasil Karya Lo mana Tunjukin Ke Gua,Apa yang Udah Lo ciptain…,W yakin Ilmu yang lo dapet bakal ilang sekejap…,Sombong banget jadi Orang!!!!,Lo emang tempat nya TAI yang gak berguna Wat Siapa2.W gak Kenal sama Mas Admin tapi W kagum Atas Keikhlasan Dya Bagi ilmu Secara Gratisss….
      Gak Kaya Lo yang kaya Jamban Split tank… FUCK FOR Oerip Adi

    • Komentarmu koyok taek.. .
      Lek koen pinter yo caramu komentar iku yo sing pinter.

  90. Demi masa sesungguhnya manusia berada dalam kerugian, kecuali orang yang beriman dan beramal sholeh serta menasehati dalam kebenaran dan kesabaran.

    Filosofi padi, semakin pandai seseorang maka akan semakin menunduk tanda rasa tawandu’nya kepada sesama manusia.

    Terima kasih ada ada master baru mampir ke blog ini. Salam juga Mas Oerip… Emang blog ini isinya cuma begini karena saya emang ilmunya baru segini. Kalau Mas Oerip mungkin udah jadi Master programming. Mahasiswa sekarang memang jauh lebih huebat dari dosennya kok. Ini juga blog sudah lama gak saya update, maklum ilmunya gak tambah2… Tapi semoga tetap bermanfaat bagi yang mau belejar…

  91. mas saya minta tolong, saya minta cara belajar delphi cepat

  92. thanks.. sangat bermanfaat bagi saya yang masih newbie….

  93. makasih ya bwt infonya…
    lagi cari tutorial bwt bikin program KP nihhhh

  94. FSDUHFUSDHFUHASDHFhjdf dfhsdu sfh gisdugh sdfiu iugh dsugh sdgh sdouigh s
    gu sodfuigh dfghsokvjcjv cjvopsdiugfid gfsdigfope gfsdiugfwe ifyu efe78yfr weij fre9urwe ir9ufpasdj fhugf sduhg sdfugys dh fhsdgoh soeifr woieajf asuihf wer wgjd sgjdps gsdopigu sp gfieu gsodiug dosiugfs idug sodigu sdogudsjgkdfjg riuoiji tu rieopiurowiugj dfijgo seirtjugfkghlkfjlkgf gfdjg dflkgj dflig dfigu dfoiug odfiug fodiugh ifuihuig hig
    g hgoh ojg g igol ifdobhjp hji fdijhjh dfijh d’pfokbfjgfdhguihurehgu ergher ughtuhg tujjj…….(ITU ADALAH BAHASA PLANET)…HA….HA….HA…HA……….

  95. bang muhal ! ! ! !
    aq berdoa abang tetp seger kwarasan ! ! !
    amin

  96. thanks bgt mas atas artikelx….

  97. salam kenal…

    saya mau tanya, gimana cara convert file .dbf ke database ms. access melalui pemrograman delfi. sebagai contoh :
    sya mau membuat program data siswa, namun telah ada program tuk menginpunt data siswa yaitu pemrograman dari foxpro dan file hasilnya akan berbentuk file .dbf dan file tersebut ingi saya convert ke pemrograman delfi dengan database access or interbase. gimana source code nya tolong dong ajarin…

    Thks.. ^_^ kirim ke email saya aja y mas

  98. Quick Report v4.5
    FREE….

    untuk para delphi – an yang suka pake component Quick Report untuk membuat report/laporan nih aku kasih linknya :

    http://www.ziddu.com/download/7590897/QuickReport.v4.5.for.Delphi7.rar.html

    silahkan download dan install….

  99. butuh konsultasi program bisa kontak saya di 0888.0276.7057

  100. Saya juga lagi belajar delphi. kpan smpat mainlah k blog saya.

    insanilmu.wordpress.com

  101. ingin paham delphi, tapi masih bingung apa dimana sih komunitas delphi

  102. slamat Malam…
    Saya ingin meminta bantuan Dan Kirimkan Tutorial about prog.Delphi, saya ingin lebih mendalaminya??
    trimz.

  103. bisa ngak,metode algoritma genetika untuk delphi dan bs ngak nantinya di online khan lewat website,balas ya…diemail aku.trimakasih

  104. Interested. kalau ada yang mau serius belajar bisa mampir ke blog saya.

  105. tolong krim tutorial pemrograman delphi tentang penggajian..sebelumnya terima kasih,,segera kirim ke e-mail saya..

  106. Siang,

    tolong kirimkan tutorial pemrograman delphi tentang Perdedian dan pengeluaran barang… dengan Dbase Interbase atau ms.access

    thnks y.. :)

  107. boleh tau g,,gmana caranya biar dalam aplikasi delphi yg di buat itu,,tidak menggunakan mouse,,jd mousenya d nonaktifkan,,trus hanya beberapa dari tombol keyboard yg berfungsi”yg hanya diperlukan aja”

  108. tambhan dong minta contoh aplikasi2,,biar saya bisa berlatih lbh banyak,,thanks yaaa

  109. tolong aku punya tugas
    buat progran delphi dalam kasus penjualan cd
    listing untuk tabel pelanggan..mohon bantuanya

  110. Terima kasih
    sangat bermanfaat sekali

  111. sy pemula yg ingin belajar delphi, tp susah jg eaa cari tutornya.. :(
    trus klo pngen msk k forum tanya jwb seputar delphi bgs’y msk kmn yaa??

    trmis.. :)

  112. Terima kasih. Sangat bermanfaat buat saya.

  113. help!! kenapa datetimepicker di delphi tidak dapat dimasukkan ke dbgrid? tolong beri tahu saya cara memasukkan datetimepicker ke dbgrid. terima kasih.

    • jika menggukan dbGrid dari InfoPower 3000 dan salah satu fieldnya adalah TDtateTime maka DateTimePicker secara otomatis akan dipergunakan (tanpa setting)

  114. saya minta tolong donk,,,gimana caranya export ke excel menggunakan delphi7….
    saya memerlukan nc…bantu ya,,,,

  115. saya minta tolong donk,,,gimana caranya export ke excel menggunakan delphi7….
    saya memerlukan bange nc…bantuannya,,,,
    kirim ke mail saya safa_fasa28@yahoo.com

  116. tolong donk bantuannya gmn cranya report foto menggunakan delphi7,,,,mkch,,,,

  117. minta tolong yaaa, bagaimana sih cara untuk mengatur dbgrid agar apabila kita sudah post datanya dan form kembali normal ( kosong lagi )?, karena biasanya data numpuk antar yang sudah dikirim dengan yang akan dikirim

  118. help me …
    saya ingin membuat sebuah program deteksi kulit wajah manusia dari delphi yang nantinya program ini akan terhubung langsung dengan menggunakan webcamera.rarti d program saya nanti harus ada koneksi ke webcameranya….
    gmn caranya…..
    maksih…..^_^

  119. Pakai komponen Videograbber aja bisa kok…

  120. cara membuat tampilan layar monitor terbagi 4 dan disertai dengan running teks dibawahnya,,, pke program delphi borland caranya kek gimana??? mohon bantuannya!!

  121. pak mau tanya,kalau cara kerja program delphi yang sama dengan pada SIAKAD bagaimana yah pak??ketika membayar ke bank kami dapat nomor dan ketika melakukan KRS pasword tersebut digunakan untuk mengakses/masuk kedalam program,terima kasih pak,mohon bantuanya…

    salam ramdhan

  122. pak saya mau tanya.gimana yach scrip untuk menentukan letak kursor yang di klik pada canvas pada area tertentu pada delphi

  123. mas, penggunaan delphi ini sama ga sama lazarus?

  124. Lazarus hampir mirip dengan Delphi… Tapi saya belum pernah pakai, cuma baca reviewnya aja… dari tampilan kelihatannya sama…

  125. makasih banget….. lagi nyari tutorialnya …

  126. sip banget semoga bermanfaat ^^

  127. bagi yang bersedia mengajarkan sy ttg pemrograman delpi 7 gw sangat bertrimakasih…………gw lagi butuh dan bingung….gw kd belajar private dimana ??.

  128. terus terang gw masih newbe…dalam program delphi….tapi dengan postingan ini mudah2an bermanfaat buat kita semua amin…
    BTW ada salah satu coment…yang dah jago…dan menyatakan Delphi itu dah terbelakang….tapi maaf2 aja ya om oerip…dah sejauh mana java anda…dan sejauh mana penghasilan anda mengenai java..??
    alhamdulillah di grup kami…masing2 perorangan dah punya mobil sendiri gara2 Delphi…program memang jadul…tapi logica na yang modren…kwokwokwkw….maaf ya om oerip….kurasa otak anda yang jongkok ngikutin zaman tapi berdiri disitu ja.,..
    oh ya tanks om yang punya blog..dah posting…sangat membantu nih…

  129. tks brooo….kebetulan lg blajar delphi konek ke AT mega

  130. gimana listing programnya dalan delphi kalau permaslahaanya kayak gini
    Nama pelanggan Edit1
    Alamat Edit2
    tujuan Edit3
    Tanggal sewa maskEdit1
    Jenis mobil

  131. gimana listing programnya dalan delphi kalau permaslahaanya kayak gini
    Nama pelanggan Edit1
    Alamat Edit2 Proses
    tujuan Edit3
    Tanggal sewa maskEdit1 Batal
    Jenis mobil ComboBox1
    Biaya sewa Edit4
    Lama sewa Edit5
    Total sewa Edit6
    Potongan Edit7 Tutup
    Biaya sewa Edit8

  132. tolong dong….
    kalau bisa secepatnya

  133. Assalamualaikum, salam kenal mas
    q minta tlong listing tentang persamaan liner dari pemograman delphi
    thank’s

  134. Thanks bro…smoga bermanfaat buat saya. Ijin sedot….

  135. thanks brow…. sangat membantu sekali….

    saya jadi tau macem2

  136. Posting yang laen donkk. . .

    Sukses slalu. . . =D

  137. terimakasih ni postinganya sangat membantu
    mau tanya dung kalu membuat aplikasi dengan menggunakan pasword pada saat memasuki prom gimanan ya

    mohon bantuanya

  138. tolong saya dibantu tentang listing program membuat mainmenu untuk mengaktifkan beberapa program.makasih

  139. mohon panduannya mulai dari pemula sampai mahir ya pak!

  140. izin unduh..makasih banyak

  141. takdirsman.ahmad@yahoo.co.id

    tutorial ma listingnya gk da mu gmn ngrtinya,,, hah

  142. Mas,, tolong kirimin saya tutorial buat remote desktop menggunakan delphi 7 donk…. plis butuh banget ni mas,,,, makasih sebelumnya….

  143. kalau untuk bilangan yang sampai 15digit sampai 25digit bisa gak.. menggunakan tipe data apa?
    kalau tidak ada, kira-kira idenya bagaimana?

  144. ikutan dooooonkk
    mas, tolong bantuannya dong……
    gmana coding pencrian di delphi7???
    thank….

  145. tolong donk …
    bisa gak dari delhpi 7 recearch data selain dari MS.ACCESS

  146. Ijin unduh pak,thanks…

  147. selamat malam agan” sekalian ..
    saya Andi dari Bali..

    waaahh …
    seneng bgt saya bisa dapetin nii blog …

    saya mau minta bantuan donk sama agan” yg udah mahirr di Delphi ini …

    saya buat TA nii tentang Identifikasi Karakter huruf dan angka pada Plat Mobil ..
    mungkin agan” ini bisa bantu yakk ..
    mohon bgt bantuannya niii …

    ada yang punya syntax untuk JST BAckpropagation ga gan ??
    mohon di bagi” yaa gan..
    makassii banyak ..

  148. makasih infonya :D
    ijin sedot Mas

  149. mass… pernah buat program remote control dekstop??? soalnya saya lagi buat nich, tp errornya tidak saya ketahui. terimakasih

  1. Pingback: MAFRI

  2. Pingback: Belajar Pemrograman Delphi 7 | Komarudin Tasdik

  3. Pingback: Belajar Membuat Toko Online Dengan Menggunakan Prestashop

  4. Pingback: Tutorial Delphi Program Penjualan

  5. Pingback: Listing Program Delphi Penjualan

  6. Pingback: Download Modul Pemrograman Delphi | Terbaru 2015

  7. Pingback: Materi Kuliah Pemrograman Basis Data | Terbaru 2015

  8. Pingback: Modul Pemrograman Game | Terbaru 2015

  9. Pingback: Modul Delphi 7 Ebook | Terbaru 2015

  10. Pingback: Modul Dasar Pemrograman Delphi | Terbaru 2015

  11. Pingback: Modul Pemrograman Free Pascal | Terbaru 2015

  12. Pingback: Modul Kuliah Algoritma Dan Pemrograman | Terbaru 2015

  13. Pingback: 15. Modul Bahasa Pemrograman (Java).Pdf | Terbaru 2015

  14. Pingback: Modul Belajar Bahasa Pemrograman | Terbaru 2015

  15. Pingback: Modul Dasar Pemrograman Delphi 7 | Terbaru 2015

  16. Pingback: Modul Delphi 7 Database Mysql | Terbaru 2015

  17. Pingback: Modul Program Delphi 7 Pdf | Terbaru 2015

  18. Pingback: Modul Program Penjualan Menggunakan Delphi

  19. Pingback: Program Tiket Delphi

  20. Pingback: Modul Pemrograman Basis Data Pdf | Terbaru 2015

  21. Pingback: Modul Pemrograman Semester 1 | Terbaru 2015

  22. Pingback: Modul Pemrograman Java Lengkap Pdf | Terbaru 2015

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 28 other followers

