MySQL merupakan server database yang memiliki kemampuan multiuser, kecepatan akses yang tinggi, kenyamanan dalam penggunaan dan kestabilan yang baik dalam mengelola data dalam jaringan. MySQL mempunyai ukuran yang relative kecil tetapi kemampuannya dalam mengelola database sangat baik. Selain itu MySQL juga merupakan proyek open source. Dengan konsep open source siapa saja dapat mengembangkan program database ini karena kode sumber disertakan dalam distribusinya. Dengan demikian bila terdapat bug atau kesalahan dalam pengembangan program akan dapat dengan cepat diperbaiki melalui komunitas open source.
Program database MySQL sudah lama berkembang sehingga mempunyai banyak versi esuai dengan tingkat kebutuhan masing-masing pengembang. Pada pokok bahasan ini akan dibahas tentang basis data MySQL baik yang berdiri sendiri maupun yang erintegrasi dengan Apache Server dan PHP.

Untuk mendapatkan informasi tentang MySQL secara lengkap dapat dibaca di website ttp://www.mysql.com Dalam database pada umumnya informasi disimpan dalam bentuk tabel-tabel yang secara logik merupakan struktur dua dimensi yang terdiri atas baris (row atau record) dan kolom(column atau field). Dalam database dapat terdiri dari beberapa tabel yang saling berkaitan satu dengan lainnya. Tabel merupakan kumpulan data yang mempunyai kesamaan yang dipilah menjadi field-field tertentu. Untuk membuat tabel diperlukan field-field. Field ini mempunyai tipe data dan ukuran sehingga harus ditentukan tipe data untuk masing-masing field. Tipe data ini berguna dalam pengeloaan database baik untuk input, edit, hapus maupun query.

Materi Lengkap Dapat Didownload Disini

About these ads