E-Learning


E-Learning merupakan salah satu bentuk pendidikan jarak jauh yang menggunakan media elektronik berbasis teknologi web sebagai media penyampaian materi dan komunikasi antara pengajar dengan pelajarnya. “E-Learning” sekarang ini banyak dikembangkan di negara maju dan berkembang sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat mengatasi permaslahan keterbatasan waktu, tempat dan sarana.

Lahirnya sistem E-Learning menjadi awal berkembangnya teknologi informasi di bidang pendidikan. E-Learning termasuk salah satu metode dan teknologi yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh. Pada E-Learning, penyampaian dan akses materi pengajaran dilakukan melalui media elektronik menggunakan Web sever untuk menyampaikan materi, Web browser untuk mengakses materi pelajaran, dan TCP/IP (Transmision Control Protocol/Internet Protocol) dan HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) sebagai protocol untuk melakukan komunikasi. TCP/IP digunakan sebagai protocol komunikasi untuk menghubungkan komputer Host ke internet, sedangkan HTTP merupakan protocol yang digunakan pada World Wide Web yang menentukan format data, cara transmisinya, aksi Web Sever, Web Browser untuk merespon berbagai perintah yang diterima.

E-Learning memungkinkan penyelenggaraan distance teaching maupun distance learning baik itu dalam mode synchronous atau asynchronous. Fasilitas-fasilitas yang ditawarkan E-Learning antara lain e-mail, discussion forums, video conferencing dan live lecture.

Berdasarkan metode penyampaian tersebut maka dapat dibentuk suatu definisi tentang pembelajaran jarak jauh berbasis web yaitu menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh yang menggunakan aplikasi web.

LMS (Learning Management System) untuk keperluan e-learning sekarang bukan sesuatu masalah besar. Dengan munculnya berbagai LMS open source proses pengembangan e-learning di lembaga pendidikan menjadi lebih mudah untuk diimplementasikan.

Contoh LMS yang mengusung konsep open source adalam Moodle, Atutor, Claronline, Dokeos dan banyak lagi LMS open  source  yang bisa didapatkan di http://opensourcecms.com.

About muhal

Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY

Posted on February 8, 2007, in Kegiatan Pribadi. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. E-learning emang banyak gunanya… aku jadi punya bahan kuliah yang lengkap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: