Membuat DSN Pada Windows


Dewasa ini database menjadi kebutuhan mendasar dalam dunia IT. Banyak vendor yang mengembangkan sistem database baik untuk pengelolaan data yang besar maupun data yang sederhana. Permasalahan utama dalam pengembangan sistem informasi adalah bagaimana memilih program aplikasi dan database yang sesuai dengan kebutuhan kita. Ibarat dalam persamaan matematis, kita dihadapkan pada fungsi tujuan yaitu optimasi (maksimasi) kinerja sistem informasi dengan kendala harga harus sesuai, kompatibilitas mudah, kebutuhan hardware minimum, mudah dalam implementasinya dan keamanan terjaga. Tentu saja sangat sulit untuk menemukan solusi yang optimal. Untuk menambah wawasan kita dalam pemahaman database akan saya jelaskan salah satu cara bagaimana menghubungkan suatu aplikasi ke database dengan ODBC (Open database Connectivity) yaitu suatu standart yang dikembangkan oleh Microsoft untuk mengakses database agar lebih mudah dengan fungsi yang bersifat umum. Pada program berbasis Windows sumber data ODBC dapat diakses pada program melalui DSN (Data Source Name).

Apa Itu DSN?

DSN atau (Data Source Name) merupakan suatu nama alias yang akan menunjuk ke sumber database sebenarnya. Dalam pembuatan database anda dapat menyimpan file database dalam H-Disk anda baik di C :/My Documents/, atau D:/Dataku/, atau di tempat lain di direktori atau sub direktori H-disk anda. Agar file database yang anda buat menjadi lebih mudah untuk diakses tanpa perlu menuliskan letak path atau direktori-nya, maka dapat dibuat suatu alias yang akan menunjuk ke alamat file database tersebut sehingga memudahkan dalam pengaksesannya.

Sebelum membuat DSN, terlebih dulu harus dibuat database yang akan dihubungkan melalui DSN. Kita dapat membuat database dengan banyak program database seperti Dbase, Paradox, Ms Acces, Oracle, Sybase, Fox Pro, SQL Server atau dengan program lainnya sesuai dengan kebutuhan.

 

Membuat Database Dengan MS Acces

Sebagai contoh agar anda mempunyai gambaran yang jelas akan saya berikan contoh bagaimana cara membuat database dengan program MS Acces. Program MS Acces biasanya tergabung dengan MS Word, MS Exel, MS Power Points yang dibungkus dalam paket MS Office. Anda dapat menggunakan Versi MS Acces berapapun karena pada intinya hampir sama, yang berbeda hanya pada fasilitas dan tampilan saja. Jika komputer anda belum mempunyai program MS Acces, silahkan instal dahulu program MS Acces.

 

Membuat Database Latihan1 Dengan MS. Acces

Database adalah kumpulan data yang saling berhubungan yang dikelola agar dapat disimpan, diupdate dan diakses dengan cepat dan mudah dan disimpan dalam media penyimpanan elektronik. Dalam aplikasinya data direpresentasikan dalam format tabel, jadi database merupakan kumpulan tabel. Tabel mempunyai properti berupa field-field yang berisi nilai.

Sebagai contoh akan dibuat sebuah database dengan nama : latihan1 yang berisi 2 tabel dengan nama tabel mahasiswa dan tabel nilai. Untuk membuat database latihan1 dengan MS Acces caranya buka program MS Acces melalui Start > Program > Microsoft Offices > Microsoft Acces 2003. Jika anda menggunakan versi yang berbeda mungin agak berbeda, tapi intinya sama.

Sebelum membuat database sebaiknya anda merancang database berupa tabel-tabel dan bagaimana hubungannya agar dalam implementasinya lebih mudah. Gunakan kertas untuk menuliskan tabel, field, tipe data dan contoh nilai datanya.

Download File Lengkap

 

About muhal

Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY

Posted on February 26, 2007, in Tutorial Praktis. Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. BAGUS LAH, BUAT TAMBAH PENGETAHUAN

  2. dan ternyatan saya ingin mengetahui tentangan program ini Thank you

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: