Mengakses Database MS Acces Pada PHP Via ODBC


PHP merupakan script yang digunakan untuk membuat halaman web yang dinamis dimana halaman yang akan ditampilkan dibuat saat halaman itu diminta oleh client. Mekanisme ini menyebabkan informasi yang diterima client selalu yang terbaru. Semua script PHP dieksekusi pada server dimana script tersebut dijalankan. Selain itu PHP juga memiliki keunggulan dalam hal pengolahan basis data. Untuk membuat suatu aplikasi yang besar yang memerlukan kecepatan pengaksesan dan kekuatan data diperlukan suatu sistem basis data yang baik, dan PHP memiliki dukungan terhadap bermacam-macam sistem basis data seperti MS Acces, MySQL, MSQL, Oracle, Paradox, dBase dan lain sebagainya. Pada tulisan ini akan dibahas bagaimana cara mengakses database MS Acces melalui PHP dengan menggunakan ODBC. Bagi kebanyakan pemakai Sistem Operasi Windows tentu Database MS Acces merupakan database yang paling populer dengan kemudahan dan fitur yang disediakan kita dapat membuat database yang cukup kompleks dengan mudah dan cepat

Apa itu ODBC

ODBC merupakan singkatan dari Open database Connectivity yaitu merupakan suatu standart yang dikembangkan oleh Microsoft untuk mengakses database agar lebih mudah dengan fungsi yang bersifat umum. Tentu saja untuk mengakses database pada PHP tidak lagi menggunakan cara-cara seperti pada MS Acces, VBasic ataupun Delphi yang dengan menggunakan komponen tertentu. Untuk mengakses database pada PHP diperlukan perintah SQL (Structured Query Language). Pada program berbasis Windows sumber data ODBC dapat diakses pada program melalui DSN (Data Source Name).


Membuat DSN

Sebelum membuat DSN terlebih dulu harus dibuat database yang akan digunakan dalam aplikasi jaringan ini di program MS Acces. Dan simpanlah database yang anda buat ke dalam directori : C:/apache/Acces/pemasaran.mdb. Anda dapat juga menyimpan di tempat lain di Hardisk anda asalkan anda konsisten dengan letak file database-nya dalam setting DSN yang akan dibuat.

Download File Lengkap

About muhal

Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY

Posted on February 26, 2007, in Tutorial Praktis. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. query php di ODBC dgn database acces,
    knp tidak bisa konek, padahal udah di cek koneksinya dah oke, tapi pas diquery msh blum bisa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: