Membuat Rave Report di Delphi 7


Tutorial Rave Report

Tutorial Rave Report

Borland Delphi 7 dan 8 secara default menggunakan Rave Report untuk aplikasi laporan dalam program basis data, walaupun Quick Report juga masih disediakan tetapi disembunyikan. Nah bagi yang belum terbiasa dengan Rave Report mungkin akan menghadapi masalah karena Rave Report agak berbeda dengan report-report sebelumnya yang disediakan Delphi. Bagi anda yang masih belum familiar dengan Rave dapat membaca tutorial ini…

Untuk lebih jelasnya mengenai materi tutorial ini silahkan download materi lengkap disini

http://www.ziddu.com/download/16585986/Tutorial Membuat Laporan dengan Rave Report pada Delphi
7.pdf.html

Download Tutorial lain

http://www.ziddu.com/download/13367921/TUTORIAL RAVE REPORT 1.pdf.html

http://www.ziddu.com/download/13367920/TUTORIAL RAVE REPORT DELPHI 2.pdf.html

About muhal

Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY

Posted on March 14, 2007, in delphi, tips & trik, Tutorial Praktis and tagged , , . Bookmark the permalink. 66 Comments.

  1. Sangat terbantu sekali dengan adanya tutorial ini. saya termasuk baru dalam menggunakan delphi, khususnya delphi7. yah..setidaknya inilah satu2nya bahasa yang masih bisa saya mengerti. saat ini saya sedang kkp(kuliah kerja praktek),sebenarnya semester kemarin sudah ambil, tapi terpaksa semester ini saya ambil lagi karena gak sempat maju. program yg saya buat masih ada errornya,tmn2 yg dimintai bntn angkat tgn.saya cb lg semester ini,moga2 selesai. bisa gak saya tny2 klu ada kesulitan?siapa tau bisa bnt?!!ini no hp sy,nanti anda krm no hp anda,klu ada kesulitan sy akn hub anda. tentunya klu anda tdk keberatan.081347494834!!!!please…sy sdh semester 10 neh!!!

  2. Insya Allah kalau bisa akan saya bantu… via email saja atau blog saya…

  3. Assalamu’alaikum
    Waduh…makasih banget…
    nanti kapan2 akan saya kirimkan program yang saya buat,anda koreksi dimana letak errornya. untuk saat ini,program saya buat menggunakan access sebagai databasenya.program tersebut cukup membuat sy pusing 7 keliling,tapi buat anda mungkin tidak ada apa2nya.
    Wassalamu’alaikum

  4. mas/mbak tolong kasih tau tentang delphi7?
    semuanya,cara-caranya,penggunaanya,dan apa saja yang dimaksud dengan delphi7?
    BLS….

  5. saya sudah mencoba download materi lengkapnya tapi belum berhasil. Kalau bisa saya minta dikirim via e-mail tutorial rave report lengkap soalnya saya sangat tertarik sekali ingin mempelajarinya…
    Terimakasih

  6. saya juga sama seperti mas Farid tuh, saya sudah mencoba download materi lengkapnya tapi belum berhasil. Kalau bisa saya minta dikirim via e-mail tutorial rave report lengkap soalnya saya sangat tertarik sekali ingin mempelajarinya…
    Terimakasih

  7. Insya Allah saya upload lagi nanti sore… ini lagi mo sholat dulu…

  8. Assalamu’alaikum.Wr.Wb
    Pak, dari buku-buku yang saya pelajari, ketika ingin membuat proyek baru dengan menggunakan database, langkah awal adalah membuat database alias. teman saya juga ada yang menyarankan seperti itu juga. yang saya tanyakan adalah apa ada dampak yang timbul kalau saya tidak membuat database alias?trus..walaupun tau konsepnya, tetapi hakikat dari database alias itu sendiri saya tidak mengerti. minta tolong bapak jelaskan ya…terima kasih atas bantuannya.
    Wassalamu’alaikum

  9. Database alias merupakan cara untuk menghubungkan program ke tabel tempat dimana tabel tersebut disimpan… Kalo tidak pakai alias kita harus menuliskan path dimana tabel disimpan.

    Kalo pakai BDE betul pakai alias… kalo pakai MS Access tidak pakai alias tetapi pakai DSN…

    Kalo dalam jaringan kita gak pakai alias tapi pakai alamat host database server dan nama databasenya…

    Semoga membantu

    http://ngadutrafik2007.smandung.com

  10. Thanks..Smandung
    untuk membuat database alias selama ini saya taunya ya pakai BDE, emang sih error. karena gak tau errornya dimana ya udah saya tinggal. karena baru tau kalau database dengan MS Access pakai DSN, gimana kalau bagi2 ilmu pengetahuan. ibarat kata, kalau mau berbuat kebaikan jangan setengah2. gimana??

  11. Wah rame juga nih blog Pak Muhal sukses ya… salam kenal buat rekan-rekan yang pada mampir ke sini

  12. Wah… terima kasih pak Muhal.
    Sangat membantu sekali.

  13. Assalamu’alaikum.wr.wb
    pak mau nanya neh….
    sy bt laporan pembayran spp,dimana data yg akan diprint difilter dl.sy pkai 4 combobox.combo1 dan combo2 utk kelas,combo3 dan combo4 utk bulan.jd nanti dilap akn tercetak kelas dan bulan yg tlh diinput.ex:kita ingin menctk kelas 1-3 dr bulan juli-agustus.nah listing programnya gimana ya???
    terima kasih ats jawabannya kelak.
    maaf pertanyyan ini sdh 1 mgg yg lalu,tp lum dijwb.penting bgt nih krn progrm kkp sy tggl reportnya aja.
    yg lain blh bantu jg ….
    wassalamu’alakum.

  14. waduh makasih banget nih mas, materinya.
    lg break the limit neh, di kampus aq g diajarin delphi. tp klo aq ga nekat ‘lari’, bisa ketinggalan. dunia it tea.
    masih bingung sih masalah global variables ma TQuery bawaan ZeosLib, ZQuery. ataw sebenernya query ini sama aja yap, klo pake bahasa sql masukin nilai yang bersifat date aku rada kesulitan, udah pake parameter jg ga isa, klo si komponen ga di add fieldsnya.
    jadi si fieldnya ga ada katanya.
    skrg lagi ke report dulu, tapi malah tambah report (repot red.) hehehe..
    sekali makasih mas, dengan spenuh hati kuw haha…

  15. help me..
    sy menggunakan calc text componen untuk membuat no urut..
    bgm mereset kembali no urut untuk setiap grup yang ada
    makasih bos atas bantuanx

  16. ah..loe bikin tutorial setengah2…curiga boleh copy dari orang.

  17. mas, saya blh minta ga source code pemrograman data base mysql dg delphi. soalny saya bingung listingnya kalau menggunakan mysql. terimakasih ya mas.

  18. terima kasih telah di muatnya program2 tentang delphi,karna lebih suka pemrograman delphi dibandingkan dengan yang lain.dengan adanya makalah ini saya jadi lebih mudah bekajar….

  19. Mas Ali dan Mbak Rosmawati… salam kenal ya…
    saya dah donlot artikel dari anda.. dan isinya sangat menarik sekali..🙂
    Tapi kayaknya masih kurang lengkap lho…
    Saya masih belum mengerti bgaimana cara menjumlahkan data yang ada pada report..
    misalnya kita punya data/field berat yang isinya sbb:
    100, 50, 30
    nah kalo dijumlahkan kan jadi 180

    nah itu bagaimana menampilkannya ‘180’ itu pada report…
    saya menggunakan delpi7, rave report dan sql server 2000.

    sebelumnya trimakasih atas bantuannya…

    ecky

  20. buat Ecky…
    itu mah mudah aja ky..
    cara yg paling gak bener pun bisa…
    maksudnya gni:
    buat aja variabel utk menghitung totalnya di form yg memanggil reportnya. trus di berikan aja nilai variabel tsb pada objek yg kamu ingin tampilkan di reportnya. gtu… ky…
    ato, klo mo mudahnya … buat band baru yg bertipe Summary … trus kasih objek field yang mo di total td, udah selesai tuh…

  21. Buat delphi ..
    cara yang kedua dah tak coba.. tapi aku blm nemu setingan yang buat summary itu…emang type summary nya dmana?? trus band yang dikasih ke reportnya itu band component atau databand component???

    trus ada pertanyaan lagi neh…
    cara nyeting printer biar dia bisa berhenti ngeroll setelah cetakkan selesai itu gmana??
    maksudnya, biasanya khan kalo yang diprint habis kan dia ngeroll satu lembar kan.. nah ini gmana caranya dibuat supaya tidak ngeroll…

    tolong ya…

  22. Salam kenal,
    Saya lg da tugas bikin lap penjualan menggunakan rave report.
    Saya sudah berhasil menampilkan total penjualan di hal bawah kertas. Masalahnya kalo laporannya sepanjang 2 hal/lebih, tampilan totalnya tetap muncul di hal sebelumnya.
    Bagaimana cara menyiasatinya??

    Sebelumnya terima kasih atas batuannya.

    Tony

  23. salam sukses, Pak!
    ditunggu sharing ilmu berikutnya..

  24. Terima kasih atas ilmunya semoga bermanfaat

  25. Mas kalau saya menampilkan subtotal per tanggal, kemudian menampilkan total semua gimana mas?
    Terima kasih atas jawabannya

  26. Pak..
    tolong duong…
    waktu execute report, data connect rave ko selalu
    error selalu …referent to object terus ya..
    aku pake delphi ‘fuck’ 8..apa bener2 delphi 8 f.ck??
    makasih..

  27. Salam kenal mas…Perkenalkan nama saya Ghe, saya lg belajar pemograman dengan menggunakan DELPHI, saya mau minta tolong kirimin Sytax buat ngejumlah Field yang baru diinput dengan field yang sebelumnya…Contohnya :
    Jika nilai awal fiel yang diinput = 10, maka kemidian dinput lagi pada field yang sama nilainya 15 maka secara otomatis jumlah nilai pada Field itu = 25..Mohon bantuannya…Makasih Banyak, Sukses Selalu !!!

  28. mas monanya..nama saya ardi.
    gni mas, saya kan pakai rave report 7.saat di jalankan rave report pasti tampilannya ngk bisa maximize. nha biar bisa maximize gmn?
    trus klo kode program delphi yang langsung ngprint laporannya gmn? ngk usah munculin pilihan preview atao print gtu…

    • Untuk bisa maksimize, di Rave ada komponen RVSystem, tambahkan dulu komponen ini. Atur Property di System Preview, pada atribut FormState jadi wsMaximize (Defaultnya sih wsNormal).

      Jang lupa, Hubungkan komponen RVSystem ini dengan RvProject yang anda buat dengan cara merubah Property Engine (pada RVProject) menjadi RvSystem yang anda gunakan untuk pengaturan tadi.

      Untuk Direct Print juga sama, anda obok2 aja di RvSystem yg sama.
      Semoga membantu..

  29. saya membuat rav pke band n databand gtu,,pada awal text yg di band n databand muncul tapi ketika sya buat lagi kenp jdi g muncul y…?cm kosong aja.
    Ada yg bisa kasih pnjelasan? tolong dech

  30. Gini bos, langsung aja :
    1. saya ingin menampilkan data dirave dalam bentuk dbgrid (Kolom,) atau kayak di Exel.
    saya udah coba tapi ga sukses mulu, cape jadinya.
    2. gimana menampilkan data .jpg ke rave. catatan database dengan accses, dan gambar di simpan di data base berdasarkan nama (tipe text).
    3. cara export format ke exel or pdf gimana ya ?

    n terakhir, tolong kirim jawabanya ke e-mail saya ya. plis buanget.

    maju terus Delphiers.

  31. Ne saya udah semester ahir juga, udah mau skripasian..
    Pi lagi pusing banget ne mau buat program database siswa aja n pake report susah banget.
    tolong mas saya dibimbing …..

  32. mas maaf, saya agak kesulitan, klo menyusun report di delphi 7 untuk membuat program surat contohnya surat permohon ijin PKL, klo reportnya berupa surat bgm y mas, mohon bantuannya!! ^_^

  33. Lihat tutorial mencetak form di MS Word. Itu lebi cocok

  34. Mohon InforMasi Pada Para Empu, Saya Mencoba Menggunakan Rave Report, di Delphi dengan Komponen, Table, DataSource untuk databasenya, untuk Ravenya RVProject, RvDatasetConnection, Setelah saya disain Rave, dan saya jalankan, saya Ingin Setiap satu Filed dari data yang saya input saya tampilkan per halama, tampilan yang saya ingin kan adalah sbb: Nama pada baris ke satu, dan alamat pada baris kedua, sedangkan field pada Database sbb, field pertama Nama, Field ke dua Alamat, setelah saya Input Nama dan Alamat sebanyak lebih dari 2, dan saya prin di rave, selalu Tampil 5 halaman misalnya karena data yang saya inputkan sebanyak 5, tetapi pada saat saya cetak keluar 5 halaman, dengan 1 halam tidak tampil dan 2 halaman berisi sama. mon pencerahannya… para master

  35. mas, mau tanya kenapa ya font untuk halaman kedua dan seterusnya berbeda ukurannya dengan halaman pertama. Halaman kedua dan seterusnya lebih besar dari pada saat desain. dan bagaimana caranya untuk membuat satu group data dapat dicetak pada satu halaman yang baru. mohon bantuannya. trims.

  36. saya coba untuk membut rave pi gagal terus pas di panggil via delphi knp itu ,,,, ? pdhal petunjuk udah saya lakukan dari anda sudah saya lakukn pi mash error terus ,,,,,, cb tlong saya dunk hars kayamna dengn itu semua ,,,,,

  37. mas aq mo nanya,
    1. aq mau buat laporan pertanggal ,pada sebuah form ada text edit dengan text: “2010-11-09” pertanyaannya bagaimana cara menampilkan value text tersebut kedalam rave report (langsung nge link ke reportnya).
    2. saya buat program dengan delphi n postgree tp dalam satu field dengan tipe data text sehingga pada waktu menampilkan data tersebut field tersebut hanya berisi “MEMO” saja…bagaimana cara menampilkan data tersebut. saya minta tolong banget,kalo bisa sent by email
    terima kasih.

  38. saya kehilangan package komponen rave, sya klik kanan indock, trus ko ga balik2. gmana pak cara balikin kaya awal lagi,, makasih…

  39. Salam kenal,

    Kebetulan saya memiliki 2 buah tutorial berformat PDF yang membahas Rave Report. Termasuk di dalamnya bgmn cara membuat laporan dgn Rave dengan wizard, manual dan custom preview. Juga dijelaskan bgmn cara mengekspor laporan dalam format populer spt PDF, HTML, teks dsb.
    Kunjungi saja http://www.dekadesoft.com

    Terima kasih…

  40. mas/mb mw nanya nih,,kl bs bls’y cepetan yah,,
    hehehee
    wordwrap d ravereport gmn yah???
    thanx yah,,

  41. Kalo pake DataText sih setahu saia ga bisa. Coba deh pake komponen Memo buat wrap text…

  42. makasih banyak ya brooo…..
    salam kenal dariku… low ada tutorial yang baru kirimi aku via email ya bro…. sekali lagi makasiiiiiih banyak….

  43. salamm kenal mas. saya rian..
    mw nanya mas, gmn ya cara merubah report pada rave biar bs jd grafik report?

  44. muh fadly syam

    terima kasih banyak atas ebook-nya..sangat-sangat membantu pekerjaan saya…tapi untuk ebook tutorial yg bagian ke-2 sepertinya belum tuntas pembahasannya, mohon kiranya dapat diemailkan ke alamat email saya di fadly_syam09@yahoo.com terima kasih dan salam hormat,

    fadly

  45. thnks bgt ya…
    lagi butuh banget ni bwt TA

  46. thanks banget buat tutorialnya mas…
    sangat membantu sekali padahal gue hampir putus asa…
    sekali lagi thanks yaaa…

  47. bagaimana cara membuat laporan untuk tgl tertentu untuk teller tertentu

  48. mas gmn carax menampilkan data di laporan tp brdasarkan field-field yg kt inginkan, misalnya dalam tabel terdapat field, nopol, namaoperator, jam, jamkeluar,harga … trus kt hanya ingin menampilkan berdasarkan nama operator saja …….mohon bantuannya mas …Tq

  49. bro, bagi2 soft delphi 9 dong kalu punya, …

  50. bro, gw ada instal delphi 2007, tp rave reportsnya gak keinstal, dan celakanya softwarenya uda hilang. apa ada software utk Rave nya saja. thx

  51. aku cuman belajar dephi 1 minggu dari 0 sudah bisa membuat prgram untuk sekolah dan laporan dana bos, tapi disampingku ada tutorial….hehe…maklum baru satu minggu mengenal delphi…
    delphi sangat mudah kelihatan nya…karna sisertai tampilan visual….
    beda dengan bahasa yang aku kenal diwaktu aku ngebugilin software…..semua memakai bahasa asembly

  52. salam hormat mas, sy mohon bantuannya untuk buat qreport delphi 7,
    tp mentok di summarynya mas,,

    misalnya ada data :
    Nama : Barang A:
    tgl 1. jns_ transaksi : Keluar =4,Keluar=8 ,Masuk=24, ,, dst
    tgl 2. jns_transaksi : Keluar=10, Masuk=12, masuk=67, Keluar=7,,dst dng proses yg sama.
    s/d tgl 30.

    Nama : Barang B:
    tgl 1. jns_ transaksi : Keluar =4,Keluar=8 ,Masuk=5,, dst
    tgl 2. jns_transaksi : Keluar=10, Masuk=12, masuk=67, Keluar=7,,dst dng proses yg sama.
    s/d tgl 30.

    Bagaimana caranya supaya di laporannya menjadi:

    Barang A
    tgl1, Keluar , 4
    Keluar, 8
    Masuk, 24

    tgl2. Keluar, 10
    Masuk, 12
    Masuk, 67
    Keluar. 7

    summarynya ,Total Barang A
    K=Sum(K), M=Sum(M), saldo =Sum(M)-Sum(K)

    Barang B
    tgl1, Keluar , 4
    Keluar, 8
    Masuk, 5

    tgl2. Keluar, 10
    Masuk, 12
    Masuk, 67
    Keluar. 7

    summarynya ,Total Barang B
    K=Sum(K), M=Sum(M), saldo =Sum(M)-Sum(K)

    dst.

    Mohon bantuannya mas, terimakasih atas pencerahannya, kalo bisa kirim ke email saya mas: surono09@yahoo.com

  53. Isti hargoro

    Assalamu’alaikum wr wb
    Saya mau tanya, jika saya ingin membuat report untuk ADo Query,,
    Untuk SQLnya sudah saya buat tapi hanya SELECT dan FROMnya,,
    Nama Fiel sudah tampil, tapi isiannya invalid:(

  54. Terima Kasih

  55. kalau buat nomor urut kenapa saya selalu di mulai angka 0 ya ?
    harusnya kan 1 ..
    tu salah dimana ya ?

  56. file jadi exe gan, gbisa didonlot

  57. untuk bikin laporan menggunakan delphi berdasarkan nis kodingana gmn yak…mhon di bantu…

  58. untuk bikin laporan menggunakan delphi berdasarkan nis(no induk siswa) kodingana gmn yak…mhon di bantu…

  59. saya belum punya RvProject,, saya minta mas component nya

  1. Pingback: Program Delphi Menghitung Nilai

  2. Pingback: Materi Pemrograman Visual Delphi | Terbaru 2015

Leave a Reply

