Mencetak Form Ke Word


Anda ingin membuat aplikasi di delphi dan akan dicetak ke MS Word? Mungkin anda masih bingung bagaimana mengaplikasikan hal ini? Demikian juga yang saya alami sebelum akhirnya menemukan caranya. Nah saya ingin berbagi semoga anda tidak perlu berlama-lama bingung. Ikuti saja tutorial ini Insya Allah akan betrhasil dengan baik. Kalo belum juga berhasil silahkan download source code yang saya sertakan.
Untuk membuat aplikasi seperti ini silahkan buat Form baru lalu isilah dengan komponen Edit dan Text secukupnya. Lalu tambahkan button untuk mencetak ke MS Word. Lalu isilahkode program sebagai berikut

Tampilan Program

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var
WordApp: OLEvariant;
begin
Screen.Cursor := crHourglass;
try
// Create Word Instance
WordApp := CreateOleObject(‘Word.Application’);
except
ShowMessage(‘Cannot start MS Word.’);
Screen.Cursor := crDefault;
Exit;
end;

try
// Open a Word Document
WordApp.Documents.Add(Template := ‘C:\TestDoc.doc’);

// Show Word
WordApp.Visible := True;

// Check if FormField exists and asign your text
if WordApp.ActiveDocument.Bookmarks.Exists(‘kota’) then
WordApp.ActiveDocument.FormFields.Item(‘kota’).Result := combobox1.Text;

if WordApp.ActiveDocument.Bookmarks.Exists(‘nip’) then
WordApp.ActiveDocument.FormFields.Item(‘nip’).Result := edit2.Text;

if WordApp.ActiveDocument.Bookmarks.Exists(‘jurusan’) then
WordApp.ActiveDocument.FormFields.Item(‘jurusan’).Result := combobox2.Text;

if WordApp.ActiveDocument.Bookmarks.Exists(‘nama’) then
WordApp.ActiveDocument.FormFields.Item(‘nama’).Result := edit1.Text;

finally
WordApp := Unassigned;
Screen.Cursor := crDefault;
end;
end;

Sebelum menjalankan program buatlah file dokumen sebagai template dengan nama Testdoc.doc lalu kopikan file ini ke C: atau sesuai dengan Path yang anda inginkan. Nah dalam file Testdoc.doc tadi gunakanlah bookmark terhadap teks yang akan diganti isinya dengan data yang ada diprogram. Gampang bukan…

Nah kalo datanya banyak silahkan dikembangkan sendiri dengan database… Saya kira sangat menyenangkan bukan form yang rumit dapat dicetak secara otomatis melalui program dengan data dari database.

Masih belum berhasil? SIlahkan Download Source Code

About muhal

Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY

Posted on March 15, 2007, in Kegiatan Pribadi, Tutorial Praktis. Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. Mohon bantuan bisa kirim lewat email saya, saya cdba dengan source yang ada tapi masih error alias belum bisa jalan mulus (runtime error), trus saya mau coba download sourcenya juga ga bisa, gimana cara mendapatkan sourcenya

  2. oh yah alamat email saya gua_as@email.com, thank’s

  3. Maaf, Saya minta tolong kirimkan source code buat mencetak form ke word, beserta penjelasannya. juga cara pindah dari form 1 ke form yang lain…

  4. Mohon bantuannya…..

Leave a Reply

