Akses MySQL pada Delphi Melalui Zeos


Pada tutorial sebelumnya sudah dibahas bagaimana membuat program database menggunakan MS Acces dan Paradox. Nah bagi anda yang menginginkan aplikasi database jaringan anda perlu memikirkan untuk menggunakan Database MySQL Server. Ada banyak driver yang dapat digunakan untuk mengakses database MySQL diantaranya MyDAC dan Zeos. Disini akan dijelaskan bagaimana membuat program sederhana untuk akses database MySQL…

Untuk membuat program aplikasi database MySQL maka kita perlu menginstal program Database MySQL di komputer kita. Kita bisa pakai PHPTriad, AppServer, Xampp yang di dalamnya sudah ada database MySQL atau menggunakan Database MySQL Essential. Nah setelah kita mengintal program database server, silahkan gunakan perintah SQL untuk membuat database baru dan tabel-tabel yang diperlukan. Kalo menggunakan PHP bisa digunakan PHPMyAdmin atau perintah Text (Command). Jika menggunakan MySQL Essential silahkan gunakan program yang sesuai MYSQL Administrator atau lewatText (Command).

form-zeos.JPG

Komponen yang dibutuhkan yaitu

  1. ZConnection
  2. ZQuery atau ZTabel
  3. Data Source
  4. DBGrid
  5. Tombol untuk keluar

Kalo sudah tinggal menghubungkan saja seperti pada akses database Acces melalui ADO. Jangan lupa pastikan MySQL sudah jalan.

Setting komponen ZConnection adalah sebagai berikut :

zconnection.JPG

Setting penting HostName : localhost  DatabaseName : Nama Database yang anda buat

User Login dan Password jika diperlukan juga bisa ditambahkan…

Komponen lain settingnya seperti aplikasi database lainnya…

ZQuery atau ZTabel tinggal hibungkan dengan ZConnection

Datasource tinggal dihubungkan dengan ZQuery atau ZTabel

DBGrid tinggal dihubungkan dengan Datasource

Nah hasilnya seperti tampilan di atas itu artinya MySQL Server sudah jalan dan dapat diakses melalui Delphi dengan komponen Zeos. Mudah bukan…

Nah untuk akses dari komputer lain tinggal Hostname bisa dibuat variabel sehingga disesuaikan dengan Nomor IP atau Nama Host yang sesuai… Mudah bukan…

About muhal

Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY

Posted on March 21, 2007, in Tutorial Praktis. Bookmark the permalink. 77 Comments.

  1. assalamualaikum

    salam kenal pak!

    ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan,saya baru kali ini pake delphi jadi mohon bantuannya.
    – apa memang lebih mudah menggunakan Zeos dibanding pake ADO?lalu kelebihanya apa?
    – kalo pake QuantumGrid bagaimana pengaruhnya.

    trima kasih.

  2. Untuk akses database MySQL bisa menggunakan banyak cara yaitu Zeos atau MyDAC. Kalo pakai ADO saya belum menemukan drivernya… Mungkin Nita tahu driver MySQL untuk delphi dengan ADO. Kalo masalah mudah tinggal kebiasaaan kok, pakai cara apapun kalo sudah familiar jadi mudah…
    Untuk QuantumGrid saya belum pernah pakai paling yang aku pakai DBGrid Standar dan JVGrid (Tambahan).
    Grid kan hanya sebagai salah satu media menampilkan data dari database. Asalkan QuantumGrid support untuk database saya kira gak masalah hanya tampilan saja yang berbeda…

  3. saya punya masalah, saya harus melakukan insert data 15 juta record ke mysql, data mentah berupa textfile (non delimeted) yg harus kita pasring dulu untuk mendapatkan data yg benar.
    saya melakukan insert 15 juta data ke dbf memakan waktu 2 jam. tapi dengan mysql itu memakan waktu 5 jam lebih. saya memakai zeos 6.6.0 sebelumnya memakai versi 6.5.1 alpha.
    bagaimana untuk melakukan proses insert yg cepat? apa yg perlu kita set dalam zeos or mysql? saya hanya membutuhkan proses insert saja. atas perhatian nya terima kasih

  4. Zeos itu komponen Free atau commercial? ketika saya cari di Google saya mendapatkan Komponen Zeos Lib dari sourceforge sebenarnya sama gak? kalo beda dimana bisa saya download?

    ada satu pertanyaan lagi. Kalo kita akses database menggunakan komponen delphi, ketika akan didistribusikan kita harus menyertakan BDE. Bagaimana dengan Zeos? apakah juga harus pake BDE?

    Mohon Informasinya

  5. Untuk pak Ivan, setau saya Zeos itu free. Untuk download Zeos, memang lebih baik dari website resminya saja yg di sourceforge.

    Untuk mempublikasikan aplikasi, kalau nggak pake BDE ya nggak usah disertakan. Kalau pake Zeos kan langsung nyambung ke mysql-nya, jadi selama mysql sudah terpasang dengan benar, aplikasi kita cuma tinggal nyambung aja ke sana… CMIIW

    Btw, pak Muhal tolong bahas juga donk cara pake komponen2 Zeos yg lain seperti: ZReadOnlyQuery, ZSQLMetadata, ZSQLProcessor, dan ZSequence… ^_^

    Terima kasih.

  6. saya kesulitan dlm mengintall zeos, selalu error terus. tolong diberi info cr mengintallnya. thanks

  7. Untuk menginstalasi Zeos, yg saya lakukan cuma membuka file “ZComponentDesign.dpk” yang ada didirektori “packages\delphi7” (saya pake Delphi 7). Klik “compile”, trus “install”. Beres deh… (^_^)

    Semoga membantu.

  8. Wah jadi rame nih, blog saya, gak nyangka banyak juga yang berminat mengembangkan pemrograman delphi dengan MySQL pakai Zeos…

    Untuk yang masih kesulitan install zeos, emang untuk yang master tertentu ada kesalahan dalam kodingnya jadi harus diedit sendiiri biar benar. cuma masalah sintak kurang ; atau , saya lupa…

    Maaf nih aku lagi sibuk ngerjakan project otomasi office di Udiklat Semarang dan lagi ada Ujian MID, jadi belum sempat bikin tutorial lagi … kalo ada yang udah bikin tolong dong dikirim ke emailku, nanti tak publish dijamin penulis tetap tercantum pada tulisan anda…

    Good Luck… semuanya

  9. Wah… tuan rumahnya ada muncul juga toh… (^_^)

    Fyi, saya pake Zeos 6.6.1-beta nggak ada errornya loh…

    Cuma aneh aja… ga bisa nyambung ke MySQL yg ada di komputer lain (remote) melalui IDE Delphi.
    Tapi klo pake script “ZConnection1.Connected := true;” di event OnShow bisa… hahaha…

  10. Ah…. ternyata versi 6.5.1-stable juga nggak bisa ya nyambung ke kompuler lain pada saat design. Mesti pake script aja…😦

  11. Wah loginku di wordpress ikut-ikutan di suspended, gara-gara nulis artikel ngadutrafik 2007. Gimana nih aku jadi terganggu update blog ini…

  12. Karena blog ini masih dalam status unsuspend oleh WordPress jadi maaf gak bisa update…
    Sementara pindah ke http://elektro.uny.ac.id/muhal

  13. zeos dah berhasil diinstal n baca database tp ketika sy coba mengisi n ambil data tersebut untuk ditansfer secara serial ke mikro pake komponen cport. kok data basex gak bisa diambil..
    bantu donk cari solusinya..

  14. data dah bisa diambil td ketika sy coba mengisi database saat running program selalu muncul stack overflow.. kira2 penyebabnya apa ya..

  15. Saya ada tugas delphi nih ,menggunakan mysql tolong kirimin dong tutorial mysql delphi kirim ke email saya ya ,please
    atas perhatiannya thank’s banget

  16. salam kenal pak Muhal,
    saya may bertanya sedikit nih, apa yang harus disetting di mysql server (v.5) supaya bisa di akses dari komputer lain ?
    sekarang ini, stiap saya mau konek mysql saya dari komputer lain ke ip tsb, muncul msg “not allow to this mysql server”.
    Tapi klo saya login dari kmputer tersebut (localhost) dgn mengisikan host nya dgn ip komp tersebut, connection nya succses.

    mohon bantuannya pak Muhal,
    Thanks.

  17. pak mau tanya nih! kalo update 2 tabel di databse yang berbeda caranya gimana sih ?

    misalnya saya punya database A di server A dan database B di server B. anggap saja data A adalah data yang dipakai perusahaan. nah data B adalah data pembayaran yang turun dari bank! sebagian dari data B sudah ada di dalam data A. gimana caranya supaya data A langsung diupdate oleh data B tanpa menimpa data-data lain yang di A?

    makasih

  18. Salam…
    Saya mau tanya apakah ada situs khusus atau
    dokumen
    yang mengulas artikel khusus pemrograman
    database pada delphi?
    Atas informasinya saya ucapkan terima kasih…

  19. Coba saja pakai event on database pada tabel terupdate untuk melakukan update database… Perintahnya harus ngecek dulu apakah ada data yang berubah, jika ada maka dia cek lagi apakah data yang berubah atau ada data baru…

    Nah baru bikin aksinya untuk update data hanya pada data yang berubah…

    Kode programnya… Gimana yah… nanti coba tak bikinkan… Tunggu saja

  20. Mbak Hanny:

    Dalam Delphi (ketika mode design)… emang si Zeos ga bisa disetting untuk mengakses database secara remote. Anda harus buat dulu versi lokalnya (localhost).

    Kalau saya solusinya… buat script untuk menghubungkan Zeos ke server ketika aplikasi dijalankan (event onCreate). Klo sudah running… ga masalah tuh connect ke remote server…

    Semoga membantu ^_^

  21. saya mau tanya apakah sudah ada program zeos di dalam delphi 7.0,jika ada apa nama komponennya??
    bagi anda yang mau belajar valas gratiss dapat uang di
    http://trading-valas.wetpaint.com

  22. pak saya mw tanya, klo saya mau membuat menu login, dengan mengambil username dan password dari database di mysql yang sudah saya buat, bgmn cara membwtnya ?tolong kasih sample.

  23. @anes:
    Zeos harus diinstal secara terpisah. Silahkan Anda download terlebih dahulu di http://sourceforge.net/projects/zeoslib

    Semoga membantu

  24. program delphi untuk memutar motor stepper half step/full step kiri dan kanan gimana ya???terimakasih

  25. sy sdh coba pake zconnection dan zquery tapi keduanya tdk bisa connect ke mysql pesannya gini SQL errors : access denied for user ‘ODBC@LOCALHOST'(using password:yes)
    tolong dong dimana salahnya

  26. sy sdh coba pake zconnection dan zquery tapi keduanya tdk bisa connect ke mysql pesannya gini SQL errors : access denied for user ‘ODBC@LOCALHOST’(using password:yes)
    tolong dong dimana salahnya

  27. Saya mau tanya klo connection langsung ke database remote dengan zeos bagaimana caranya?
    trus klo pake zeos ga harus pake odbc yah?

  28. gimana ya cara gunakan Zeos tanpa error…
    coz…untuk koneksinya udah oke tapi waktu saya koneksikan dengan AeosTable/Querynya koerrornya Integer Overflow, error komponen ato databasenya ya pak???solusinya gimana??? teng kyu….

  29. lebih cepet mana ya… langsung pake libmysql.dll ma pake zeos?

    mmmmm

  30. Klo ngakses MySQL dgn delphi lewat WAN ato jg lewat internet gimana? coz DataBase MySQLnya berada di suatu server(punya IP publik).

  31. DAC for MySQL™
    Direct Access Components for MySQL
    MicroOLAP Direct Access Components for MySQL and Delphi/C++ Builder (also known as MySQLDAC) is a Borland Delphi/C++Builder component set for direct connect to MySQL database server. DAC for MySQL allows you to create Delphi/C++Builder applications without BDE, ODBC, ADO and without libmysql.dll.

    Download Full Version
    http://w14.easy-share.com/1699592981.html

  32. uda ada yang nyoba belum script program yang udah jadi pake database mysql yang dibuat di delphi windows di compile ulang pake kylix linux.

    kalao mau bikin text to speech pake delphi suara disimpan di file wav, bisa di baca di http://www.easy-programming.uni.cc
    untuk wav header ama dekripsinya

  33. assalamualaikum wr. wb

    saya mau tanya pak penggunaan komponen zeos pada delphi apa bisa stabil jika menggunakan DBpostgre ato oracle??, saya orang baru di pemrograman delphi mohon petunjuk

    waalaikumsalam wr. wb

  34. ada yang tau cara login mysql dari aplikasi delphi g?
    saya lg bikin aplikasi multiuser pake delphi & mysql, tpi ada kndala sdkit pd mekanisme loginnya.. di aplikasinya sndiri sya sertain fasilitas untuk penambahan user mysql. tapi pd saat login, yg bisa dipake cuma user root aja, user yg baru diinsert gak bisa dipake. saya pikir masalahnya ada pd service mysql yg running di system (defaultnya service mysql menggunakan user root). ada yg bisa bantu? mungkin cth script untuk handle service mysql.. atau solusi lainnya

    Terima kasih penjelasannya…

  35. Djoko Waluyo

    Assalamu’alaikum Wr.Wab
    Mohon bantuan cara menampilkan foto database pakai access.
    Terimakasih
    Wassalamu’alikum

  36. untuk mas anto yang mendapatkan pesan “access denied for user ‘ODBC@LOCALHOST’(using password:yes)”, hal itu dikarenakan user name dan password untuk login ke server MySQL nggak cocok atau user name-nya memang belum terdaftar di server MySQL.

  37. mas aq coba akses mysql mwngggunakan dbexpress tapi waktu tes koneksi ada pesan file libmysql.dll tidak bisa di load padahal file tsb sudah saya copykan di folder system32

  38. minta script delphi untuk menampilkan database,apabila combobox di pilih akan keluar database yang diinginkan,,please.ntar di kirim ke email q didot_kyuubi15@yahoo.com

  39. salam kenal..
    saya mau tanya, saya sudah install Zeos, tapi kok ada error [Fatal Error] Unit1.pas(7): File not found: ‘ZConnection.dcu’

    saya sudah coba install ulang kembali, tp tetap saja seperti itu errornya.. bagaimana mengatasinya? terima kasih

  40. Salam kenal mas..
    Saya mau koneksi ke MySQL pake Zeos, ada ga yang support Delphi 7?
    Kl yang saya baca Zeos hanya support Delphi 3 sd Delphi 6..

    Terima kasih sebelumnya

  41. mumcul error “requested database driver was not found”.itu kenapa ya mas…
    mohon pencerahan..
    terimakasih🙂

  42. Assalamualaikum,
    untuk feny, anda cari dulu directory dimana file dcu tersebut berada. lalu masuk ke project, option, pilih tab directory/conditional isikan “search path” dengan directory dari file dcu tersebut.
    untuk vicky, mungkin anda belum menyertakan driver database di directory project anda. misal bila anda menggunakan postgresql 7.3 anda bisa copykan file libpq73.dll ke directory project anda. File tersebut biasanya sudah masuk ke system windows.

    farid

  43. untuk fafa,mungkin anda bisa copykan drivernya di directory project anda

    farid

  44. untuk joko waluyo, cara nampilin foto mungkin anda bisa coba cara berikut: (dalam database postgresql)

    var
    fsql:TZQuery;
    tmpstream:TStream;
    begin
    …………….
    fsql.SQL.Text:=’SELECT FOTO FROM KARYAWAN WHERE IDKARYAWAN=:id’;
    fsql.Params[0].Value:=edNip.Text;
    fsql.Open;
    tmpstream:=TStream.Create;
    edFoto.Picture.Graphic:=TJPEGImage.Create;
    tmpstream := fsql.CreateBlobStream(fsql.Fields[0],bmRead );
    edFoto.Picture.Graphic.LoadFromStream(tmpstream);

    end;

    farid

  45. slam knal,
    mas aku mau tanya gmn program pencarian data di delphi menggunakan my sql dac???…

  46. mohon bantuan, untuk mendapatkan kompone zeos. saya cr di internet semuanya tdk free.

  47. u/ faaisal
    km pngin komponen zeos yg free ta?? kirim ja e-mail km ke sini ariex_st@yahoo.co.id ntar aq kirim kan zeos yg free, ok…!!

  48. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Selamat pagi pak M. Ali…
    Pak Ali alumnus SMANDUNG tohh…, sama brarti kita pak…tapi saya lulusan ’97 pak.
    Gmana kbrnya Pak Roziqin, Bu Ummu Farwah, Pak Enung Nur Yamin ya pak…..
    Oh ya btw minta tlg kirimin paket source file ZeosDBO lengkap lengkap sama file .dll-nya (untuk sistem32nya) untuk koneksi dg MySQL pak ali ya…,kalau boleh sama cara instalasinya… ke email: hd_prast@yahoo.com
    Tapi Kalau boleh n Pak Ali sempet ya…
    Bravo…. SMANDUNG….kapan reuni akbar pak ya ???
    n Salam sukses buat Pak Muhammad Ali….
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  49. selamat pagi,.

    mau tanya,.
    saya pake zeos kok ga bisa konek ke mysql dikomputer lain yang beda network? kalo komputer lain yang satu network bisa.. maskudnya, ga bisa akses mysql lewat internet melalui delphi.. kira-kira harus pake apa ya?

    thx b4..

  50. mas mas mau tanya neh…

    orang belajar delphi susah yah,,
    belajar bikin dah jadi seh tp klu pake zeos a bisa yah di run di xampp ada yg tau ga mas?

    tx

  51. halow…
    saat saya run program delphi..maka muncul 3 baris error :
    1.[Warning] ZDbcConnection.pas(763): Return value of function ‘TZAbstractConnection.PingServer’ might be undefined

    2.[Error] ZPlainMySqlDriver.pas(988): Undeclared identifier: ‘ValueFromIndex’

    3.[Fatal Error] ZDbcMySql.pas(64): Could not compile used unit ‘ZPlainMySqlDriver.pas’

    saya udah hapus komponen ZDBCmysql,Zplainmysqldriver,ZDbcConnection lalu di add lg…
    tapi tetap saja error ..ada yg tau gak ..??

  52. tambahan pesan diatas..
    saya pake zeos 6.6.1 beta untuk konek ke mysql5

  53. variable valuefromindexnya coba di-remark dolo baru dicompile …

    masih error g ????

  54. assalamu’alaikum pak,

    saya mo minta pencerahan nich.
    gini, saya membuat database menggunakan mysql perantara delphi 7 pake komponen zeos, n berhasil.
    tp kuq, saya jalankan d kompi lain g bisa y?
    emg file2 yang d butuhkan agar bisa di jalankan d kompi lain apa y?
    mohon pencerahannya?

    terima kasih bin matur nuwun bin thanks

  55. Untuk bisa dijalankan di kompi lain yang perlu diperhatikan jelas database servernya, setting passw dan databasename harus sama, dan juga file libmysql harus dikopikan ke direktori program. Sebaiknya gunakan Installer aja untuk digunakan di kompi lain (Pakai Inno atau Install Shield) met mencoba smg sukses…

  56. nak tanya..mcmn koding untuk buat pembayaran secara online apabila pelanggan nak tempat sesuatu barang.

  57. saya minta bantuan cara membuat program delphi dengan database mysql.
    yang didalamnya berisi login dengan pasword, serta data user yg berisi alamat, mata kuliah(3MK), NIM, nama.
    serta sistem search. bila diketik nama atau nim akan muncul data yang di search.trima kasih saya tunggu blsanya di email saya

  58. gimana caranya penggunaan ZQuery untuk mengirimkan query ke mysql? kl bs dg contoh kasusnya ya…!!!

  59. sekedar sharing:
    “requested database driver was not found”
    disebabkan: [1] pengisian protokol di ZConnection tidak benar atau [2] instalasi zeos tidak benar

  60. saya mw mnta bantuannya???
    saya baru belajar dephi,,dan saya pakai komponen zoes sebagai tambahan..yg saya mw tanyakan kenapa Ztable di zeos g bisa d aktifkan,,,padahal saya sudah mengcopy file build zeos nya..trus zeos.inc nya..tp tetep saja…

    makasih???

  61. kalau mau membuat laporan dengan mysql di delphi untuk webservice gmn y??
    tlng ajarin ya??

  62. mau tanya kelebihan Zeos dibanding komponen lain itu apa ya??

    trz macam2 komponen lain selainzeos ada apa aja ya yang bisa dipake untuk koneksi Delphi ke DB??

    trimakasih

  63. mau nanya cara biar zeos bisa koneksi ke mysql di komputer lain gimana ya? (via wan)
    apa aja yg harus diganti di komputer servernya?
    trus IP server kalau 192. ga bisa ya?
    harus 202?
    thx b4🙂

  64. Salam Kenal Semua, saya mau tanya kalau install delphi7 di windows xp 64 bit ,kemudian Install komponen Zeos, yang di download dari Source forge.. kok error mulu.. yah..
    apa zeos tidak support 64 bit?
    atau ada solusi lain pak?

  65. waduh masih belum ngerti neh..

    aplikasi android http://www.aplikasiandroid.info

  66. saya sudah install Zeos tp mesti ada pesen “requested database driver was not found”. mysql saya pake xampp. trus libmysql.dll di copy kemana? sdh saya copy ke system32 kok tetap gak bisa. tolong pencerahannya mas

  67. kok delphi qhu klo d run ada pesan “Debugger kernel BORDBK70.DLL is missing or not registererd”

    mhon d bantu pak ???

  68. Rahmad : File libmysql.dll dikopi ke direktori dimana file exe diletakkan atau pada saat building di file project-nya…

  69. zoes connection saya waktu di ubah connectednya, ad error
    incorrect database name ..
    ada solusi ??

  70. ketika saya mencoba koneksi zeos ke server database (remote connection) kok tidak bisa ya?
    muncul error can’t get hostname.
    itu dikarenakan apa?
    makasih buat jawabannya

  71. gmana cara nanganin nie error??

    [Fatal Error] Unit1.pas(7): File not found: ‘ZConnection.dcu’

  72. syntax delete data yang ada di database mysql lewat delphi gmana? saya pakai zquery

  73. ” syntax delete data yang ada di database mysql lewat delphi gmana? saya pakai zquery ”

    sama aja kayak perintah di mysql nya :
    delete from where

  74. Reblogged this on TheDawak and commented:
    bagus

  75. Maaf, ada yang punya source code sistem antrian multi user dengan MySQL dan Delphi, mohon kirim ke trinuryanto@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: