Instalasi ComPort Di Delphi


Jika anda memerlukan pemrograman untuk menggunakan port pada delphi silahkan anda instal komponen Port di Delphi. Dengan komponen port ini langkah pemrograman hardware akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Bagaimana cara instalasinya? Nah disini akan dijelaskan langkah-langkah instalasi secara mudah dan cepat.

Sebelum melakukan instalasi komponen port pada Delphi, silahkan download dulu file comport 3.10 lewat website http://www.delphi.com/comportlib atau juga bisa didownload lewat website ini.

Langkah-langkah instalasi silahkan download tutorialnya aja biar lengkap ya…

http://www.ziddu.com/download/8823792/comport.pdf.html

File Comport-nya Lengkap Dapat Didownload disini

http://www.ziddu.com/download/8823799/CompPortDelphi7.rar.html

http://www.ziddu.com/download/8622594/Comport Lib For Delphi.rar.html (Versi Baru)

About muhal

Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY

Posted on April 10, 2007, in delphi, tips & trik, Tutorial Praktis and tagged , , . Bookmark the permalink. 23 Comments.

  1. Karena blog ini masih dalam status unsuspend oleh WordPress jadi maaf gak bisa update…
    Sementara pindah ke http://elektro.uny.ac.id/muhal

  2. kok komponen search untuk komponen comport 3.0 yang telah saya download gak mau! justru ada pemberitahuan kalo komponen *.dcu nya tidak ditemukan!

  3. intinya saya mau menjalankan port paralel lewat windows xp, apa yg harus saya lakukan?step by step, ap perlu program untuk xp saya?,atau menammbahkan di program delphi saya, terima kasih

  4. ok akan saya coba

  5. setelah saya coba install komponen comport, ternyata ada error pada saat dicompile.
    berikut pesan kesalahannya.
    ->[Error] CPortSetup.pas(41): Undeclared identifier: ‘Combo1’
    setiap statement dari “combo” tidak dapat dikenali, dan pada listing program ada sebanyak 6 combo yang dipakai.
    ‘saya mohon bantuannya, bagaimana penanganan error tersebut.. karena saya masih sangat kurang berpengalaman dalam programing..
    terimakasih..

    // show setup dialog
    procedure EditComPort(ComPort: TCustomComPort);
    begin
    with TComSetupFrm.Create(nil) do
    begin
    Combo1.ComPort := ComPort;
    Combo2.ComPort := ComPort;
    Combo3.ComPort := ComPort;
    Combo4.ComPort := ComPort;
    Combo5.ComPort := ComPort;
    Combo6.ComPort := ComPort;
    Combo1.UpdateSettings;
    Combo2.UpdateSettings;
    Combo3.UpdateSettings;
    Combo4.UpdateSettings;
    Combo5.UpdateSettings;
    Combo6.UpdateSettings;
    if ShowModal = mrOK then
    begin
    ComPort.BeginUpdate;
    Combo1.ApplySettings;
    Combo2.ApplySettings;
    Combo3.ApplySettings;
    Combo4.ApplySettings;
    Combo5.ApplySettings;
    Combo6.ApplySettings;
    ComPort.EndUpdate;
    end;
    Free;
    end;
    end;

    nb:
    komponen saya install pada delphi7

  6. assalamu alaikum
    link file comport 3.10 kok tidak ada boss
    apakah ada link yang lain?
    terima kasih atas bantuannya semoga Allah meridhoi

  7. tolong informasikan bagaimana cara merancang suatu pengontrolan instalasi jarak dengan delphi

  8. Sepenggal bait Untuk Comport

    Comport..oh comport..
    Namamu seindah codermu
    Kekuatanmu melebihi mscommlib.dll🙂
    Tiada bimbang tiada gundah di hatiku…

    Terimakasih Djan Crnila*
    Ku tunggu kreasimu selanjutnya🙂

    by : herlambang ..🙂

  9. alamat u/ download comport di http://www.delphi.com/comportlib tidak valid, ada tempat download lagi tidak…???

  10. Dhani Hendyansyah

    Pak / Bu yang mempunyai banyak ilmu..
    mohon bantuannya!!

    di kerjaan saya ada rencana untuk membuat program produksi pake delphi 7.,
    nah yg jadi masalah tim kami bermaksud untuk bisa mengkoneksikan timbangan digital ke komputer.. agar data dari timbangan(mis: jml berat) dapat dideteksi menjadi inputan pada program delphi 7..
    Mohon bantuannya Bapak / Ibu..
    gmn caranya supaya kami bisa mengkoneksikan hardware tsb ke program.
    apakah dgn comport ini bisa??
    klo bisa bagaimana caranya??

    Terima kasih..
    Dhanz🙂

  11. Dhani Hendyansyah

    Pak / Bu yang mempunyai banyak ilmu..
    mohon bantuannya!!

    di kerjaan saya ada rencana untuk membuat program produksi pake delphi 7.,
    nah yg jadi masalah tim kami bermaksud untuk bisa mengkoneksikan timbangan digital ke komputer.. agar data dari timbangan(mis: jml berat) dapat dideteksi menjadi inputan pada program delphi 7..
    Mohon bantuannya Bapak / Ibu..
    gmn caranya supaya kami bisa mengkoneksikan hardware tsb ke program.
    apakah dgn comport ini bisa??
    klo bisa bagaimana caranya??

    saya tunggu balasannya
    Terima kasih..
    Dhanz🙂

  12. Pak Muhal,

    Saya pke comport 3.10 ini pada aplikasi saya. Kebetulan untuk remote perangkat. Yang jadi masalah responnya lambat sekitar 5 detik. Solusinya gmn ya pak? Mohon bantuannya..

  13. bagus sekali pak ali postingannya…

    komponen langsung jalan dan bisa digunakan…

    great…

    keep posting…thanks a lot…

  14. Makasih gan..
    ane udah install cmport-nya..
    dan berhasil..
    ada contoh dan source nya ga gan…?

  15. maaf boleh bertannya ya..
    mas /ibu ada tidak tuturial untuk menggunakan Tcomport…yang mengirim dan menerima data Bit..ke alat..atau sorce kode penggunaannya?
    misalanya alat yang kita gunakan adalah USB to Serial..dan udah bisa terbaca usb to serial tersebut di computer sebagai com5..sedangkan yang saya harus kirim data melalui delphi Tcomport ini..menggunakan Com5 ..sehingga data yang saya kirim akan tiba di tujuan..misalnya riley yang akan saya putus kan…menjadi ON dan OF.

  16. tq mas bro, akhir’a bisa install comport bwt delphi7 jg :’)

Leave a Reply

