Membuat Program Simulasi Gelombang Surja Petir dan Surja Hubung Denga Delphi


Simulasi Tegangan Surja Petir

Simulasi Tegangan Surja Petir

Tegangan surja petir dan tegangan surja hubung (switching) merupakan salah satu pokok bahasan dalam bidang teknik elektro yang harus dikuasai oleh mahasiswa teknik elektro. Untuk lebih memahami tentang bagaimana karakteristik tegangan surja petir dan surja hubung dapat dilakukan dengan membuat gelombang ini dengan program delphi. Pada postingan ini akan saya sertakan langkah-langkah membuat program simulasi ini dengan delphi. Untuk lebih mudahnya source code dapat didownload disini…

Download

http://www.ziddu.com/download/10716439/Program Simulasi Surja Petir dengan Delphi.rar.html

About muhal

Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY

Posted on July 15, 2010, in delphi, tips & trik, Tutorial Praktis and tagged . Bookmark the permalink. 9 Comments.

  1. bagus sekali pak, bisa buat nambah ilmu hehe

  2. assalamu’alaikum….
    salam kenal untuk bapak Ali atau ibu Rosmawati.
    saya mahasiswa yang sekarang sedang menyusun tugas ahir. kebetulan judulnya hampir sama,, yakni tentang Simulasi transient surja hubung,,akan tetapi program yang saya gunakan adalah ATP-EMTP.
    saya ingin sekali bertanya pada bapak dan ibu,,
    lebih efektif mana program yang digunakan untuk simulasi surja hubung,,apakah program yang saya gunakan atau program yang bapak ibu gunakan(Delphi)???
    dan apa kelebihan dari mengunakan Delphi???
    kemudian apa kekurangannya dari program Delphi untuk mensimulasikan surja hubung ini?
    dari jurnal2 dan artikel2 yang saya temukan,,saya baru menemukan Analisis surja hubung dengan Delphi,,yakni di sini..
    sudi kiranya bapak atau ibu membalas jawabannya ke E-mail saya…(faiz_benciketidakadilan@yahoo.com)
    besar harapan saya untuk mendapatkan pelajaran yang lebih tentang surja hubung..
    terimakasih sebelumnya…
    saya sangat menunggu balasan dari bapak atau ibu..
    wassalam

  3. @ Faiz : Program simulasi gelombang petir yang saya buat adalah untuk mensimulasikan bentuk gelombang petir dan bagaimana rangkaian untuk menghasilkan gelombang petir tersebut. Rangkaian yang saya gunakan menggunakan rangkaian RC dan RLC. Dengan software yang saya buat, kita dapat dengan mudah untuk menentukan berapa besarnya nilai-nilai R, L dan C agar dapat menghasilkan gelombang petir sesuai yang diinginkan.

    ATP dan EMTP saya kira jauh lebih kompleks tidak hanya simulasi bentuk dan rangkaian gelombang petir, tetapi juga mampu menganalisis suatu rangkaian jika terkena sambaran petir. Jadi sangat berbeda dengan software yang saya kembangkan…

  4. ass
    program nya bgs pak…
    bleh minta bantuan nya. saya ada tgs akhir mata kul membuat program gelombang dengan delphi . program ini cocok , saya mw program nya,gmn cara nya ya pak?
    terima kasih sebelumnya.

  5. selamat pagi pak.. mw tanya pak.. bagaimana cara menggunakan program ATP-EMTP pak… mohon infonya pak…

  6. kalau simulasi gambar berjalan ad ngga bang..?

Leave a Reply

