Pengaturan Motor Induksi dengan Inverter (Variable Speed Drive)


 

Inverter Variable Speed Drive

Inverter Variable Speed Drive

Motor induksi merupakan salah satu peralatan yang banyak digunakan di Industri untuk keperluan penggerak berbagai proses yang ada di industri diantaranya adalah : Pompa, Kompresor, Fun, Blower, Konveyor, dan penggerak proses produksi lainnya.Hal ini disebabkan karena motor induksi memiliki banyak keunggulan dibanding motor sinkron atau motor DC yaitu konstruksi sederhana, tahan lama, perawatan mudah dan efisiensinya tinggi. Dibalik keunggulannya terdapat juga kelemahan yaitu dalam hal pengaturan kecepatan dan torsi awal yang rendah. Untuk mengatasi permasalahan ini dapat digunakan Sistem kontrol dengan mengatur Tegangan input dan Frekuensinya untuk mendapatkan pengaturan kecepatan dan torsi sesuai dengan kebutuhan proses produksi di Industri. Tutorial ini akan membahas sedikit topik tentang pengaturan kecepatan dan motor induksi dengan Inverter (Variable Frequensi Drive)…

Parameter yang dibutuhkan dari motor induksi adalah pengaturan kecepatan dan torsi motor. Untuk itu dibutuhkan pengaturan yang fleksibel dengan cara mengubah frekuensi inputannya dari 50 Hz (Standar PLN) menjadi frekuensi yang diinginkan agar motor dapat berputar pada kecepatan yang diinginkan.

Sumber Listrik dari PLN ataupun pembangkit sendiri mempunyai frekuensi yang konstan,  dengan standar 50 Hz. Nah bagaimana cara merubah frekuensi 50 Hz menjadi lebih kecil atau lebih besar?. Salah satu langkah yang bisa ditempuh yaitu dengan mengubah sumber AC menjadi DC dahulu. Untuk itu dibutuhkan Rangkaian Rectifier (Penyearah) atau Converter (Penyearah Terkendali). Pada umumnya digunakan konverter (penyearah terkendali) untuk mendapatkan Sumber DC dari listrik AC. (Untuk materi lengkap Penyearah Terkendali dapat melihat meteri Elektronika Daya).

Setelah listrik AC diubah jadi sumber DC maka perlu dilakukan perataan bentuk gelombang DC yang masih mengandung ripple (riak) AC. Caranya dengan menambahkan DC Link atau semacam regulator. Hal ini berfungsi untuk meratakan bentuk gelombang DC agar berbentuk lurus dan stabil tidak terjadi naik turun (riak).

Setelah didapatkan listrik DC yang murni, langkah berikutnya adalah mengubah Listrik DC menjadi listrik AC dengan rangkaian inverter. Inverter sebenarnya berisi rangkaian fip flop yang melakukan pensaklaran secara bergantian terhadap listrik DC sehingga menghasilkan listrik AC. Bentuk gelombang yang dihasilkan dengan rangkaian inverter bisa gelombang kotak atau gelombang sinus. Untuk menghasilkan Listrik AC dari Output rangkaian inverter dengan gelombang sinus diperlukan rangkaian PWM (Pulse Width Modulator). Rangkaian ini yang akan mencacah listrik DC menjadi listrik AC dengan bentuk gelombang mendekati sinus.

Kenapa harus gelombang sinus? Listrik AC dengan gelombang non sinus sebenarnya bisa digunakan untuk sumber peralatan listrik seperti lampu, pemanas dan peralatan lainnya. Tetapi untuk motor listrik, gelombang AC non sinus akan mempengaruhi kualitas dayanya dan berefek pada panas yang ditimbulkan sehingga menyebabkan peralatan cepat panas dan rusak.

Dengan menggunakan inverter, maka akan banyak diperoleh keuntungan secara teknis bila dibandingkan dengan cara lain. Beberapa keuntungan tersebut antara lain: mempunyai jangkauan kecepatan yang lebih lebar, mempunyai beberapa pola untuk hubungan tegangan dan frekuensi, mempunyai fasilitas penunjukan meter, mempunyai lereng akselerasi dan deselerasi yang dapat diatur secara independen, kompak, serta sistem lebih aman.

Di pasaran terdapat banyak produk Inverter (VSD atau VFD) diantaranta adalah

  • Toshiba
  • Altivar
  • Hitachi
  • LG
  • Omron
  • Yaskawa
  • Siemen
  • Mitsubishi
  • Fuji
  • ABB
  • Dll

Lebih lanjut tentang inverter???

Silahkan download materi

http://www.ziddu.com/download/14191045/Inverter.pdf.html

http://www.ziddu.com/download/14191068/Materi Inverter VSD.pdf.html

http://www.ziddu.com/download/14191085/Manual Inverter Toshiba.pdf.html

 

 

 

About muhal

Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY

Posted on March 15, 2011, in Kuliah, Teknik Elektro, Teknologi, Tutorial Praktis. Bookmark the permalink. 12 Comments.

  1. wah mantap pak…
    sulit sekali mencari info tentang Inverter..

  2. muchammad ali, ST, MT

    bagaimana vsd digunakan sebagai pump control unit motor induksi kapasitor cabang tetap dengan suplai dari permanent magnet generator yg dikopel turbin angin poros mendatar. putaran turbin angin bervariasi dari 100 s/d 500 rpm atau frekuensi dari pmg bervariasi dari 30 s/d 90 hz dengan tegangan bervariasi dari 100 s/d 300 volt

  3. Info yg bagus, thx….

  4. Agus M Husni

    Assalamu’alaikum pak, Saya Agus mahasiswa teknik Elektro ITS. Saya berniat meminta bantuan sekiranya Bapak mempunyai simulasi tentang VFD/VSD (PSIM atau Simulink), mohon dikirim ke email saya (husniagus8@gmail.com). Saya tunggu balasannya. Semoga urusan Bapak dimudahkan

  5. A person necessarily assist to make severely posts
    I’d state. This is the first time I frequented your web page and up to now? I surprised with the research you made to make this particular publish incredible. Great process!

  6. Hey would you mind stating which blog platform you’re working with? I’m
    going to start my own blog soon but I’m having a difficult time choosing between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal. The reason I ask is because your layout seems different then most blogs and I’m looking for
    something unique. P.S My apologies for getting off-topic but I had to ask!

  7. Salam Kenal. Pak saya punya mesin pompa cuci mobil. Alat apa yang dapat saya gunakan supaya mesin pompa tersebut ketika kran / sprayer dikecilkan putaran pompa menjadi lambat atau sebaliknya. Mohon informasinya kirim ke email saya ya pa.

    Salam
    Riyadislamet787@gmail.com

  8. Pak, saya mau cari alat yang inputnya 1 phase 220 Volts dan outputnya 3 phase x 380 Volts, Daya outputnya cukup 100 Watt aja, apa ada pak ya? trims

  9. berkat arifin zebua

    salam hormat pak….saya ingin membuat alat mesin pemecah kemiri dengan menggunakan elektro motor 1 ph,jadi harus menggunakan alat variable frequency drive tersebut,dikisaran berapa harganya pak,dan tolong pak kirimkan gambar alat vfd tersebut yang cocok untuk mesin saya itu….terima kasih banyak pak,,,semoga berkah.

  10. selamat pagi pak ali, saya redho nur ridho alumni d3 teknik elektro UNY mantan mahasiswa bapak di tahun 2010 – 2013, begini pak saya butuh bantuan bapak apa boleh minta alamat email bapak untuk tanya – tanya lebih jelasnya?

  11. maaf pak.. materinya ada pasword nya… jadi gak bisa di estrak… mohon bantuan pasword materinya… matur suwon

  1. Pingback: Tugas 3 Bahasa Indonesia | elektroandry

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: