Evaluasi Diri Sekolah dan Madrasah


Evaluasi Diri Sekolah
Evaluasi Diri Sekolah

Evaluasi diri merupakan kegiatan refleksi terhadap kondisi internal dan eksternal suatu organisasi guna mengenali kondisi real yang ada guna menyusun program dan kegiatan yang mendukung tercapainya visi dan misi.  Evaluasi diri (self evaluation) menjadi pijakan institusi dalam menganalisis kekuatan dan kelemahan (Kondisi Internal), peluang dan ancaman (kondisi eksternal). Sekolah sebagai lembaga pendidikan perlu memahami konsep evaluasi diri dengan baik dan benar. Dengan pemahaman yang baik tentang evaluasi diri, sekolah akan dapat mengenali potensi yang ada, kelemahan yang perlu diperbaiki, masalah-masalah yang timbul dan penyebab utama permasalahan guna dicari solusi terhadap kondisi yang ideal atau yang diharapkan dalam visi dan misinya. Sekolah perlu memahami dengan baik dan benar, bagaimana melakukan evaluasi secara komprehensif, terstruktur dan sistematis, sehingga hasilnya dapat digunakan sebagai suatu landasan/dasar proses perencanaan guna mencapai tujuan yang diinginkan/dicita-citakan, yaitu peningkatan kualitas, seperti peningkatan kualitas jurusan/departemen/fakultas dan program-programnya.

Evaluasi digunakan untuk berbagai tujuan, bergantung pada tujuan yang diinginkan, namun pada dasarnya pasti terkait dengan salah satu tujuan sebagai berikut :

  1. Evaluasi ditujukan untuk memperlihatkan pencapaian mutu dari suatu sekolah atau program dari sekolah tersebut.
  2. Evaluasi, sebagai alat (tool) manajerial, yang ditujukan untuk menjaga agar  kinerja suatu sekolah atau program yang telah dicapai tetap terjaga keberlangsungannya.
  3. Evaluasi, sebagai alat manajerial, yang ditujukan untuk penyusunan rencana pengembangan  sekolah dimasa mendatang.
  4. Apapun tujuannya, model dan pola implementasi dari proses evaluasi harus diikuti, karena :

“Evaluasi adalah upaya sistematik untuk menghimpun dan mengolah data (fakta dan informasi) yang handal dan syahih, darimana dapat disimpulkan kenyataan, yang dapat digunakan sebagai landasan tindakan manajemen untuk mengelola kelangsungan sekolah atau program”. Oleh karena itu, kemampuan untuk melaksanakan evaluasi adalah suatu faktor penting untuk semua sekolah. Tanpa kemampuan untuk melakukan evaluasi, tidak akan ada peningkatan kualitas yang dapat dicapai. Dari banyak evaluasi yang dilaksanakan di lingkungan pendidikan tinggi, evaluasi diri dan evaluasi kesejawatan (peer review) adalah model/skema evaluasi yang paling banyak diadopsi dan direkomendasikan untuk dilaksanakan dalam mengevaluasi hasil proses akademik, khususnya pendidikan di sekolah.

 

Konsep Evaluasi Diri

Salah satu model evaluasi yang penggunaan cukup luas adalah model pencapaian sasaran atau congruency model. Pada dasarnya model ini adalah proses kuantifikasi (pengukuran secara kuantitatif) yang membandingkan prestasi yang telah dicapai dengan tujuan yang diinginkan. Kelemahan dari model ini adalah sulitnya untuk mengukur secara tepat dampak (outcomes/impact) dari suatu proses pengembangan, namun hal ini dapat dilakukan antisipasi.

Secara umum, penggunaan model ini didasarkan pada penentuan tujuan/sasaran yang jelas dan terkait erat dengan penetapan “kebutuhan minimum yang harus dipenuhi” (Minimum Necessary Requirement/ MNR). Penetapan MNR untuk masukan (input), proses dan keluaran (output) yang menjadi target evaluasi. Model evaluasi pencapaian sasaran ini, secara skematis dapat dilihat pada gambar 3 dibawah ini dan untuk memberikan gambaran yang jelas apa yang dimaksud dengan masukan (input), proses dan keluaran (output). Ilustrasi yang diperlihatkan pada gambar 3 adalah skema model untuk proses pendidikan.

About muhal

Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY

Posted on May 23, 2011, in Hobiku, Kegiatan Kampus and tagged , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. Hal yang paling mendasar yang mau saya tanyakan, payung hukum mana yang digunakan yang mendasari kegiatan EDS ? terimakasih

  1. Pingback: blog news and info » Evaluasi Diri Sekolah dan Madrasah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: