Budaya Bersepeda di Universitas Yunlin Taiwan


Bersepeda di KampusNational Yunlin University of Science and Technology (Yuntech) merupakan salah satu universitas engineering yang terkenal di Taiwan. Salah satu hal yang menarik di sini selain penerapan teknologi di berbagai bidang adalah budaya green campus. Kebanyakan mahasiswa menggunakan sepeda untu aktivitas kampus, sehingga slogan Yuntech sebagai green campus sangat sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan. Dengan banyaknya sepeda, menjadikan lingkungan kampus sangat segar dan asri tanpa polusi. Sebenarnya ada juga mahasiswa yang menggunakan motor atau mobil, cuma parkirnya dipisah dan sangat sedikit berada di lingkungan kampus, mungkin mobil hanya diperuntukkan untuk dosen dan pimpinan universitas yang boleh parkir di dalam kampus.

SepedaInilah salah satu pemandangan tempat parkir di Yuntech, dimana sepeda memenuhi tempat parkir yang ada. Sepeda-sepeda yang ada di kampus bermacam-macam bentuknya mulai dari sepeda gunung, sepeda mini, sepeda jepang dan sepeda jenis lainnya.

Sepeda menjadi alat transportasi utama di dalam kampus yang luasnya mencapai 60-an hektar. Suasana di kampus Yuntech lumayan sepi, tidak seperti di Indonesia, kampus kecil tetapi penghuninya sangat banyak. Di Yuntech jumlah mahasiswa hanya 10.000 orang, dimana sebagian melakukan kegiatan di luar (industri). Bisa dibayangkan, kampus seluas ini sangat nyaman untuk belajar dan aktivitas.

Kegiatan mahasiswa banyak dilakukan di kelas, laboratorium, sarana olah raga yang sangat lengkap mulai dari tenis, sepak bola, basket, bulu tangkis, baseball, softball, tenis meja, dan olah taga lain termasuk kolam renang. Fasilitas olah raga sangat lengkap mengingat disini tidak ada jurusan Keolahragaan seperti halnya UNY Yogyakarta. Dengan berbagai aktivitas ini, kreativitas mahasiswa lebih tersalurkan pada kegiatan positif. Di sini jarang terlihat mahasiswa yang duduk-duduk nongkrong. DI sini juga tidak saya temui mahasiswa merokok, buang sampah sembarangan dan ngobrol-ngobrol.

Inilah gambaran suasana kampus Yuntech Taiwan.

About muhal

Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY

Posted on December 20, 2012, in Kuliah, Teknik Elektro, Teknologi and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: